Moxibution Hypnobirthing untuk Kehamilan Sungsang

Moxibution Hypnobirthing untuk Kehamilan Sungsang

“Tak perlu Khawatir apabila Bayi Anda sungsang! Masih ada kesempatan hingga 75% untuk memperbaikinya dan mengupayakan agar posisi bayi Anda beralih keposisi yang tepat. Lakukan Sekarang segera. Mengapa menunggu?”


Kehamilan Sungsang


Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal. Kehamilan sungsang didiagnosis melalui bantuan ultrasonografi (USG) dan palpasi.


 


Kehamilan sungsang dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain kelahiran kembar, cairan amniotik yang berlebihan, hidrosefalus, anencefaly, ari-ari yang pendek dan kelainan rahim.


Sekitar 3-4% bayi berada dalam posisi ini ketika lahir. Dalam persalinan prematur, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang lebih tinggi. Pada umur kehamilan 28 minggu, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang adalah 25%. Angka tersebut akan turun seiring dengan umur kehamilan mendekati 40 minggu.


Dalam Bulan Maret dan April 2012 ini di Bidan Kita ada sekitar 6 klien yang datang dengan posisi sungsang, dengan umur kehamilan lebih dari 28 minggu, bahkan klien teakhir saya di bulan ini dengan umur kehamilan 39 minggu. Beberapa klien berasal dari luar kota, dan mereka datang ke Bidan Kita sebagian besar atas rekomendasi dari teman, saudara atau berkat membaca artikel di website saya tentang bagaimana cara mengubah bayi sungsang menjadi normal di:


http://www.bidankita.com/cara-mengubah-bayi-sungsang-menjadi-letak-kepala/


dan ketika datang ke Bidan Kita, biasanya saya melakukan beberapa cara dan salah satunya adalah dengan menggunakan Moxibution yang dipadu dengan relaksasi hypnobirthing. Karena saya adalah praktisi dan pelatih hypnobirthing, maka saya selalu menggunakan hypnobirthing untuk membatu mengkoreksi posisi janin.


Mengapa Hypnobirthing?


Ketika seorang ibu didiagnosa sungsang oleh dokter atau bidan yang memeriksa seringkali ibu tersebut dilanda ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran yang tinggi terhadap kesejahteraan janin terutama terhadap proses persalinan nanti. Dan hal ini akan sangat tidak baik bagi ibu maupun bayinya.


Sejak didalam rahim bayi adalah bagian dari ibu, sehingga apapun pikiran dan perasaan ibu masih sangat terhubung dengan bayinya. Karena bayi unsurnya masih sederhana yaitu perasaan maka masih sangat mudah untuk diajak komunikasi dan disugesti. Nah hypnobirthing dapat memebrikan sugesti dan mereprograming pikiran bawah sadar, yang dapat diarahkan untuk membuat perubahan dalam tubuh ibu. Pelepasan ketakutan juga digunakan dalam sesi hipnobirthing untuk kasus sungsang ini, untuk membantu ibu rileks dan memungkinkan bayinya berputar. Tubuh dikendalikan sepenuhnya oleh pikiran, Menggunakan hipnobirthing untuk mengubah bayi sungsang telah lebih berhasil daripada menggunakan teknik lain. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah universitas terkemuka Arch Fam Med. 1994 Oct;3(10):881-7. Hypnosis and conversion of the breech to the vertex presentation. Mehl LE. Department of Psychiatry, University of Vermont College of Medicine, Burlington menyatakan bahwa, angka keberhasilan bayi bisa berubah ke posisi normal kepala dengan penggunaan hypnobirthing adalah sekitar 81% dan dilakukan pada usia 34 hingga 37 minggu.


Tak perlu Khawatir apabila Bayi Anda sungsang Moxibution  Hypnobirthing untuk Kehamilan Sungsang


Moxibution


Selain menggunakan Hypnobirthing, biasnya saya juga menggunakan akupresurre dan Moxibution (Moxa). Moxa menciptakan kesempatan yang lebih baik untuk ibu hamil agar memiliki kelahiran normal. Dari ibu yang berhasil dalam mengubah posisi bayi mereka dari sungsang ke posisi kepala menggunakan moksibusi, 88% dapat melahirkan normal dan 12% operasi caesar. Pengobatan Moxai juga secara signifikan meningkatkan versi dari presentasi sungsang ke presentasi sefalik mana ada efek samping yang lebih sedikit.


Moxa-terapi benar-benar tanpa rasa sakit dan dapat dilakukan di rumah, dan aspek yang paling penting dari itu adalah: penelitian telah menunjukkan bahwa melalui moxa-terapi, kemungkinan bayi berubah secara spontan meningkat dari 50% menjadi 75%.


Nah berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul pada klien saya saay melakukan pengobatan Moxa:


Apa moxa-terapi?


Moxa-terapi adalah bagian dari akupunktur dan Pengobatan Tradisional Cina. Ini adalah pengobatan dengan tongkat moxa-dari titik akupunktur pada tubuh. Sebuah stick moxa tampak seperti cerutu besar. Ketika menyala, stick moxa menyebarkan kehangatan yang intens di seluruh titik akupunktur, yang sangat menyenangkan dan tidak menyakitkan.


Moxa-terapi tidak hanya digunakan untuk wanita dengan bayi dalam posisi sungsang, melainkan telah terbukti meningkatkan hasil dari berbagai perawatan akupunktur.  Kata Moxa berasal dari kata Jepang Mo Cu San, yang berarti mugwort herbal, atau vulgaris Artemesia. Mugwort adalah bahan utama dari tongkat moxa.


Keamanan moxa-terapi 


Dari berbagai penelitian, tidak ada efek samping telah dialami setelah moxa-terapi.  stick moxa itu sendiri tentu saja panas. Ini tidak boleh menyentuh kulit tetapi tetap minimum pada jarak 1 cm (1/3 inci). Jika perawatan dilakukan dengan hati-hati, itu adalah tanpa risiko.


Moxa-terapi dalam presentasi sungsang: beberapa fakta dari Inggris dan Wales  Tiga ribu tahun yang lalu, akupunkturis China mulai memperlakukan wanita hamil dengan moxa-terapi. Penelitian ilmiah telah meningkatkan pengetahuan tentang dan percaya dalam akupunktur di masyarakat Barat kita. Dalam JAMA (Journal of American Medical Association), sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1998 tentang moxa-terapi pada wanita hamil.


Di Inggris dan Wales, 670,000 diperkirakan bayi lahir setiap tahun.Tepat sebelum persalinan, 23.450 dari mereka, (3,5%), tetap dalam posisi sungsang. Sebagian besar dari mereka akan disampaikan melalui operasi caesar untuk menghindari risiko melahirkan sungsang alami.  Artikel JAMA telah memberikan kontribusi terhadap minat meningkat di Inggris untuk perawatan ini, karena penelitian menunjukkan bahwa dengan moxa-terapi, kemungkinan dari bayi memutar secara spontan pada usia kehamilan 33 minggu hingga 37 minggu adalah dari 50% menjadi 75%. sedikit bayi bisa lahir dalam presentasi sungsang jika ibu menerima moxa-terapi antara 33 dan minggu ke-37.


Bagaimana cara Moxa-terapi dengan presentasi sungsang?


Ibu hamil dengan bayi dalam presentasi sungsang dapat memulai pengobatan pada minggu ke-33 kehamilan mereka. Ahli akupunktur menghangatkan titik akupunktur di BL 67, selama 15 menit dengan moxa. Perawatan ini sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan bantuan suami atau pendamping. Dan moxa-terapi harus diulang setiap hari selama dua minggu.  Bagaimana cara kerja moxa-terapi? 


Cara moxa-terapi dapat dijelaskan menggunakan kedua Fisiologi Barat dan Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Menurut TCM, pemanasan titik kandung kemih (BL) 67 (atau Zhi Yin) di kaki l akan menciptakan energi pemanasan (Yang) di dasar panggul.  energi pemanasan Ini akan menyebabkan dan merangsang bayi dalam rahim untuk melakukan gerakan dan gerakan tersebut akan menyebabkan bayi bergerak memutar dan berbalik. Sedangkan Menurut ilmu kedokteran barat, moxa-terapi dapat meningkatkan sirkulasi darah di rahim. Selanjutnya, moxa dapat merangsang kelenjar adrenal dan memproduksi hormon-hormon kelenjar adrenal, dan secara positif mempengaruhi jaringan otot rahim.Karena ini, bayi akan menjadi lebih aktif dan akhirnya, bisa berubah atau memutar.


Tak perlu Khawatir apabila Bayi Anda sungsang Moxibution  Hypnobirthing untuk Kehamilan Sungsang


Manfaat dari moxa-terapi: 


Perawatan yang benar-benar aman baik bagi ibu hamil dan anak yang belum lahir. Pemutaran spontan akan terprovokasi, tidak ada kontak langsung dengan bayi.


Pengobatan yang tidak menjadi beban bagi ibu, tidak seperti versi eksternal dengan dokter kandungan sekitar minggu ke-36 s.d 37 kehamilan


Tidak ada efek samping


Dalam 75% kasus, bayi akan berubah secara spontan di dalam rahim, asalkan perawatan dilakukan antara 33 dan minggu ke-37 kehamilan


Menggunakan moxa-terapi akan meningkatkan kemungkinan kelahiran alami sebesar 75%.


Perawatan dapat dilakukan di rumah, karena sangat mudah dipelajari


Pengobatan ini hemat biaya, untuk moxa sendiri harganya 1 stik moxa hanya sekitar Rp. 5000 s.d Rp 10.000 dan 1 stik moxa dapat digunakan untuk 2 kali therapi.


Sudahkah ada penelitian tentang Moxa ini?


Studi yang dipublikasikan dalam JAMA tahun 1998. Dari sudut pandang kualitatif, penelitian ini adalah artikel terbaik. Dalam penelitian ini sebanyak 260 wanita diteliti. Setengah dari perempuan diberi moxa-terapi, setengah lainnya tidak. Setelah dua minggu moxa-terapi, 98 anak (74,8%) telah beralih ke posisi yang tepat dibandingkan dengan 62 anak (47,7%) pada kelompok tanpa moxa-terapi. Makalah ini juga menunjukkan peningkatan gerakan janin. Selama moxa-terapi, bayi-bayi itu lebih aktif dari bayi-bayi itu yang ibunya tidak menerima terapi.Secara ilmiah, dapat diasumsikan bahwa salah satu faktor memainkan peran dalam balik bayi adalah peningkatan gerakan bayi.


Studi yang diterbitkan dalam Matern Med Neonatal Janin pada tahun 2004.  Penelitian ini merupakan studi besar, termasuk 240 wanita yang situasinya tidak diukur setelah moxa-terapi, tapi sesaat sebelum persalinan baru dimulai dilakukan moxa therapi. Hasilnya sangat menjanjikan: dari perempuan yang menerima moxa-terapi, 53,6% bayi telah berubah dibandingkan dengan 36,7% pada kelompok kontrol.


Studi yang dipublikasikan pada 2003 di Neonatal Therapie. Penelitian ini memiliki hasil sama seperti penelitian JAMA dengan hasil: moxa-terapi tampaknya berhasil selama dan setelah minggu ke-34 dalam 76,4% kasus. Kemungkinan bayi berubah secara spontan tanpa moxa-terapi adalah 45,4%.


Studi yang dipublikasikan dalam Journal Amarican Cina Medicin pada tahun 2001.  Dalam studi ini, para wanita menerima moxa-terapi setelah minggu ke-28 kehamilan mereka. Hal ini memberikan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi: 73,66% dari semua anak berubah secara spontan tanpa moxa-terapi, 92,48% anak berubah setelah ibu diberikan moxa-terapi.


Apakah moxa adalah metode baru?


Tidak tidak, metode ini telah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun di Cina. Pada akhir abad lalu, minat untuk terapi ini meningkat di benua itu. Ahli akupunktur menghangatkan titik akupuntur selama beberapa menit dengan menggunakan stick moxa.Sebuah stick moxa terlihat seperti cerutu, melainkan menyala dan akan diletakkan dekat dengan kulit (tidak pernah menyentuh kulit!). Ini akan menyebarkan kehangatan intens pada titik akupunktur.


Apakah terapi moxa menyakitkan?


Tidak, pengobatan sama sekali tidak menyakitkan. Stick moxa akan menghangatkan kulit. Hangat, nyaman, tidak panas dan pasti tidak menyakitkan


Berapa lama perawatan moxa dilakukan?


Instruksi ini memakan waktu sekitar 20 menit. Perlakuan Anda akan tampil di rumah akan memakan waktu sekitar 30 menit per hari, selama dua minggu


Seberapa sering saya perlu terapi moxa?


Sekali sehari, selama dua minggu


Kapan waktu terbaik untuk memulai terapi moxa?


Penelitian yang dikutip menunjukkan hasil terbaik (75,4%) bila diaktifkan pada minggu ke-33 atau ke-34 kehamilan


Apakah ada risiko dan efek samping?


Dari semua penelitian tidak ada efek samping telah melihat untuk ibu atau anak. Jika Anda mengikuti petunjuk untuk pemanasan jari kelingking pada kaki, pengobatan akan tanpa risiko. saat stick moxa membara sebenarnya tidak pernah menyentuh kulit selama perawatan, tetapi harus berjarak minimal 1 cm (1/3 inci) dari kulit


Siapa yang bisa melakukan Terapi moxa?


Anda dapat membuat janji di Bidan Kita melalui telepon 02723111884 karena di Bidan kita untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan kami memadupadankan dengan hypnobirthing.


Dapatkah saya melakukan terapi moxa di rumah?


Ya, namun sebaiknya Anda mempelajari instruksinya terlebih dahulu.


Berapa Biaya untuk Hypnobirthing dan terapy Moxa di Bidan Kita?


Biaya sangat terjangkau. Untuk 1 kali sesi sekitar 60 menit biaya hanya Rp. 125.000


Bagaimana jika Therapi moxa tidak berhasil untuk mengubah bayi Anda yang sungsang menjadi normal?


Hal ini tentusaja mungkin terjadi terutama jika bayi juga mengalami lilitan tali pusat, tali pusat pendek atau kelainan letak insersi plasenta, 25% dari bayi dalam presentasi sungsang “mempan” dengan moxa ini. Namun jangan berkecil hati Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dan  Bidan Kita akan mendiskusikan pilihan lebih lanjut jika ternyata tidak berhasil.


Apakah terapi moxa berbahaya untuk bayi?


Tidak, akupunktur secara umum adalah salah satu perawatan paling aman yang ada.


(Sumber: British Medical Journal, September 2001). Terapi ini tidak menggunakan jarum sekalipun, tetapi sebuah stick moxa untuk menghangatkan kulit. Pengobatan ini sangat lembut dan tidak berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Jika bayi tidak dapat berubah karena alasan lain, misalnya tali pusat pendek atau posisi yang tidak menguntungkan dari plasenta, maka terapi moxa tidak akan mampu untuk mengubah posisi bayi tersebut.


Jika bayi berubah posisi, apakah saya bisa pergi ke dokter ahli kandungan untuk melakukan versi eksternal?


Ya, Anda dapat mendiskusikan intervensi lebih lanjut dengan bidan Anda. terapi moxa paling baik digunakan sampai minggu ke-36 kehamilan, sehingga masih ada cukup waktu untuk membahas dan melakukan balik eksternal. Mengingat versi ekstraksi sudah sangat jarang dilakukan. Dan memang memerlukan keahlian khusus.


Untuk informasi pengobatan sungsang lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami


Bidan Kita


J;l Piere tendean no 20, Sikenong, Klaten Selatan – Klaten || HOTLINE : ( 0272 ) 3111884 / 328711


Salam hangat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts