4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Gigi Berlubang

4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Gigi Berlubang

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat anak sikat gigi sendiri
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya. Sebab, jika gigi tidak dirawat dan dibiarkan kotor, maka berbagai macam masalah gigi akan timbul, misalnya gigi berlubang. Gigi berlubang bisa mengganggu aktivitas makan karena menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dengan demikian, Anda harus segera pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Selain kebersihan gigi yang kurang terjaga, penyebab lain gigi berlubang adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manias, seperti permen ataupun coklat. Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan mengandung gula berlebih agar gigi tetap sehat dan tidak berlubang. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan memulihkan gigi berlubang yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Kunyah Permen Karet

Selain bisa membuat gigi tampak lebih putih serta napas terasa  segar, mengunyah permen karet juga bisa mencegah kerusakan gigi. Hal ini dikarenakan ketika mengunyah permen karet, mulut akan terisi air liur yang secara alami membersihkan sisa makanan. Namun, perlu diingat bahwa permen karet yang aman utuk dikunyah adalah permen karet yang tidak mengandung gula.

2. Lakukan Perawatan Gigi Sederhana

Perawatan gigi tidak hanya dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari saja. Anda juga harus selalu membersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau dengan dikat gigi. caranya, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi. Lakukan cara ini secara rutin, atau ketika sedang menggosok gigi.

3. Membersihkan Sikat Gigi

Mungkin Anda berpikir bahwa sikat gigi akan terbebas dari kuman dan bakteri jika ditutup dengan penutup sikat gigi. hal tersebut tidaklah benar. Sebab, sikat gigi yang didimpan dalam keadaan tertutup, justru dapat menampung kuman dan bakteri lebih banyak. Sebaiknya, penutup sikat gigi tersebut dibuang. Setelah menggunakan sikat gigi, bilaslah hingga bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya.

4. Minyak Kelapa

Tidak hanya dijadikan sebagai perawatan rambut agar tampak berkilau, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk melindungi gigi dari pembusukan dan membersihkan bakteri dari gigi. Perlu Anda ketahui bahwa minyak kelapa dua kali lebih efektif dibanding dengan menyikat dan membersihkan gigi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts