5 Kesalahan Fatal yang Sering Kita Lakukan Saat Puasa

5 Kesalahan Fatal yang Sering Kita Lakukan Saat Puasa

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat kesalahan saat puasa
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Berbagai perubahan saat puasa terkadang membuat kita jadi tidak acuh dengan apa yang kita lakukan. Asal tubuh jadi nyaman selama puasa dan ibadah ini bisa berjalan dari awal hingga akhir berbagai kesalahan yang sebenarnya fatal kerap kita lakukan.

Kesalahan yang terjadi saat menjalankan puasa ini mungkin tidak akan membuat ibadah jadi terganggu. Namun, tubuh akan ikut tersiksa sehingga beberapa gangguan seperti diare, kurang tidur, hingga susah konsentrasi akan terjadi nyaris setiap hari.

Nah, agar Anda tidak terus-terusan melakukan kesalahan yang sama. Ada baiknya di sisa puasa yang tinggal dua minggu ini menghindari hal-hal di bawah ini.

  1. Sering makan pedas, asam, dan berminyak

Kesalahan pertama dan sering terjadi adalah sering makan pedas dan juga yang asam. Namun, meski perut bergejolak sehingga Anda sering mengalami diare, rasa pedas susah sekali ditinggalkan.

Hampir semua makanan yang kita masak pasti ada unsur pedasnya. Selain itu, kalau beli makanan di luar juga selalu mencari yang pedas karena bisa mengembalikan energi dengan cepat.

Saat sedang puasa, usahakan untuk menyantap makanan yang netral saja. Boleh ada pedasnya, tapi jangan berlebihan karena bisa mengganggu pencernaan setiap harinya.

  1. Suka lapar mata

Saat puasa kita sering sekali malas untuk memasak. Saat tubuh lemas dan tenaga habis, kita jadi lebih sering membeli makanan di pasar takjil atau pasar-pasar sejenisnya.

Saat beli kita jadi sering lapar mata. Karena tubuh sudah lapar seharian, kita jadi membeli apa saja yang ditemui. Kita jadi tidak berpikir apakah makanan itu sehat atau tidak saat dikonsumsi.

Beberapa makanan yang sering kita beli biasanya terdiri dari aneka minuman segar, gorengan yang masih hangat dan berminyak, lauk yang pedas, dan aneka camilan manis lain untuk takjil.

Kalau kita menyantap banyak makanan saat berbuka puasa, perut akan bergejolak. Dampaknya, Anda akan sering begah, kembung, hingga berujung diare.

  1. Sering minum kopi

Saat sedang puasa kita sering tidur selama 5-6 saja setiap harinya. Padahal tidur yang normal biasanya dilakukan selama 7-8 jam. Dari fakta ini kita kerap defisit tidur saat puasa.

Karena defisit tidur bisa berakibat fatal, kita disarankan untuk tidur lebih cepat setiap harinya. Selain itu, kita juga dilarang untuk terlalu banyak minum kopi.

Ngopi saat malam hari akan membuat Anda susah tidur, padahal kita butuh tidur cepat. Selanjutnya kalau Anda ngopi saat sahur, tubuh akan sering kencing sehingga kemungkinan terjadi dehidrasi akan terjadi.

  1. Tidak memperhatikan asupan air

Air memang tidak membuat kita kenyang seperti halnya dengan makanan. Namun, air akan membuat kita terhidrasi setiap hari sehingga gangguan seperti lemas, tidak bisa konsentrasi, hingga pusing tidak akan terjadi.

Selalu minum 8 gelas air setiap harinya. Bagi air itu menjadi 3-4 gelas saat sahur dan sisanya bisa dibagi lagi untuk berbuka puasa hingga sebelum tidur.

  1. Makan berat sebelum tidur

Kita jadi sering lapar saat puasa. Bahkan setelah berbuka puasa sekali pun tubuh akan tetap lapar sehingga kita sering makan berat sebelum tidur malam.

Makan berat sebelum tidur akan melambatkan pencernaan. Selain itu, lemak di dalam tubuh juga semakin tebal sehingga kondisi obesitas bisa saja terjadi dengan cepat. Saat puasa kita tidak menjadi kurus seperti yang dicita-citakan.

Nah, dari lima kesalahan yang ada di atas, mana saja yang sering Anda lakukan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts