7 Perlengkapan Kesehatan dan Obat yang Harus Dibawa Saat Mudik

7 Perlengkapan Kesehatan dan Obat yang Harus Dibawa Saat Mudik

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat perlengkapan kesehatan
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Beberapa hari menjelang Hari Raya Idulfitri, muslim di seluruh Indonesia akan melakukan tradisi tahunan bernama mudik. Mereka akan pergi kembali ke kampung halaman untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga.

Pada momen mudik ini masalah-masalah kesehatan kerap terjadi dan sering tidak diwaspadai. Akhirnya, perjalanan tidak bisa berjalan dengan lancar dan Anda tidak bisa menjalankan puasa karena tubuh terlalu drop.

Kalau Anda ingin menjalankan mudik dengan baik, lakukan persiapan dengan matang. Bawa perbekalan dengan lengkap seperti makanan, kue, biskuit, air mineral hingga obat-obatan dan perlengkapan kesehatan.

Oh ya, untuk masalah obat-obatan dan perlengkapan kesehatan, berikut beberapa hal yang harus Anda bawa.

  1. Minyak kayu putih

Saat sedang mudik, tubuh akan rawan sekali mengalami pusing, mual, hingga masuk angin. Kalau Anda sedang puasa, gangguan ini bisa membatalkan puasa karena Anda harus minum obat untuk mengatasi gangguannya.

Nah, agar kondisi pusing dan mual akibat gerakan kendaraan atau karena angin tidak terjadi, coba gunakan minyak kayu putih. Oleskan minyak ini di perut atau di sekitar tengkuk.

Selanjutnya, teteskan minyak pada sapu tangan agar bisa Anda hirup kalau mendadak mual dan ingin muntah.

  1. Obat pusing

Saat sedang puasa, Anda akan kerap mengalami dehidrasi yang cukup parah. Kondisi ini akan semakin menjadi-jadi saat Anda sedang mudik dan menggunakan bus.

Karena repot membawa barang bawaan, sedang puasa, hingga suasana panas yang membakar, Anda jadi pusing. Untuk mengatasi pusing ini Anda bisa beristirahat sejenak atau kalau rasanya tidak tertahankan bisa minum obat pusing seperti paracetamol.

  1. Obat anti mabuk

Anda bisa membawa obat anti mabuk kalau sering mual saat kendaraan bergerak dengan cepat atau melalui medan berkelok-kelok. Konsumsi obat ini sejak sebelum berangkat atau simpan di dalam tas kalau-kalau nanti mabuk darat.

  1. Obat-obatan pribadi atau khusus

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Kalau Anda sedang sakit dan tidak bisa meninggalkan obat, bawa selalu selama mudik. Tetap minum obat dengan teratur sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter.

Letakkan obat di dalam tas atau dompet. Dengan begitu Anda tidak akan lupa membawanya dan masalah selama perjalanan bisa diminimalkan.

  1. Obat alergi debu

Anda yang memiliki alergi dengan debu bisa tersiksa kalau berada di jalanan yang panas dan kotor. Oleh karena itu, selalu siapkan obat anti alergi di dalam tas.

Saat tubuh mulai merespons dengan udara kotor, Anda bisa segera meredakannya dengan obat itu.

  1. Masker

Masker adalah perlengkapan yang wajib dibawa dan harus ada di dalam tas. Masker akan melindungi Anda dari alergi terhadap debu dan melindungi tubuh dari penularan penyakit selama berada di perjalanan.

Bawa beberapa pak masker yang biasanya berisi 3 lembar. Ganti masker secara rutin setiap beberapa jam sekali atau saat permukaan dalam basah dan permukaan luar kotor.

  1. Obat diare

Selama berada di perjalanan, makanan yang Anda santap akan sering tidak terjaga. Akibat makanan ini Anda bisa mengalami diare sehingga perjalanan akan terganggu.

Kalau Anda adalah orang yang sering makan di perjalanan entah itu untuk sahur atau berbuka selalu sediakan obat diare dan maag. Biasanya setelah makanan sesuatu yang tidak higienis Anda akan sering mual, nyeri ulu hati, dan berakhir dengan diare.

Nah, usahakan untuk membawa tujuh perlengkapan dan obat di atas saat mudik, ya!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts