Blewah hingga Timun Suri, Ini Manfaat dari Ragam Buah Khas Ramadan

Blewah hingga Timun Suri, Ini Manfaat dari Ragam Buah Khas Ramadan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-buah-khas-ramadan
Photo Credit: Flickr.com/Tom Rulkens

DokterSehat.Com– Saat bulan Ramadan tiba, buah khas Ramadan apa yang menjadi sering Anda konsumsi? Ya, saat bulan puasa berbagai jenis buah khas banyak bermunculan untuk menemani sajian khas buka puasa.

Mulai dari blewah, kolang-kaling, hingga timun suri. Kira-kira apa saja sih manfaat dari buah khas Ramadan tersebut?

Buah khas Ramadan yang banyak dijual, sebagian besar adalah buah yang menyegarkan sehingga sangat cocok disajikan untuk menu buka puasa.

Hal ini tentu juga sangat dipengaruhi oleh apa saja kandungan gizi yang ada pada buah-buahan tersebut. Lebih lanjut, berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya, buah-buahan ini menjadi memiliki banyak manfaat.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja sih kandungan gizi yang ada pada buah-buahan khas Ramadan di bawah ini:

1.Buah blewah

Anda gemar mengonsumsi buah blewah? Buah yang masih satu keluarga dengan melon ini menjadi sangat hits saat bulan Ramadan ya.

Buah blewah kerap disajikan sebagai isi dalam minuman es yang bisa disajikan dengan pemanis dan beragam isi es lainnya.

Buah blewah ternyata memang sangat cocok dijadikan pilihan buah saat berbuka, lho. Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, kandungan cairan yang ada pada buah blewah adalah 90,15 gram yang membuatnya sangat segar.

Dengan tingginya kandungan air pada buah blewah tersebut, maka konsumsi buah blewah pada saat buka puasa sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

Selain itu, buah blewah juga disebut mampu mengatasi maag hingga menurunkan tekanan darah tinggi, lho.

2.Kolang-kaling

Siapa sih yang bisa melupakan kolang-kaling saat buka puasa? Kolang-kaling adalah buah dari pohon enau yang menjadi sangat mudah ditemui saat bulan Ramadan.

Rasa dan teksturnya yang enak dan khas membuat kolang-kaling cocok disajikan sebagai isi dalam minuman es bersama isian es lainnya.

Kolang-kaling merupakan pilihan paling tepat untuk berbuka puasa lho, mengapa? Kolang-kaling ternyata memiliki berbagai zat gizi dan mineral yaitu fosfor dan zat besi yang akan memberikan manfaat berupa pemulihan stamina tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh.

Hal inilah yang membuat kolang-kaling dipercaya mampu memperkuat tulang dan sendi hingga melancarakan pencernaan.

3.Timun suri

Timun suri seakan sudah menjadi buah yang hanya bisa didapatkan di bulan puasa saja, ya. Buah yang satu ini memang cukup sulit ditemukan di luar bulan puasa.

Hal inilah yang membuat timun suri menjadi banyak dicari saat bulan Ramadan.

Timun suri kerap disajikan dengan cara yang mirip dengan buah blewah namun yang membedakan dari tampilan adalah daging timun suri cenderung lebih putih.

Sama seperti buah khas Ramadan lainnya, kandungan gizi timun suri baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh.

Selain itu, timun suri disebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah flu, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penuaan dini hingga dinilai memiliki manfaat berupa detoks.

Nah, itu dia tiga buah khas Ramadan yang ternyata sangat baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Buah Ramadan lain yang juga khas tersaji adalah kurma yang memang sudah terkenal dengan berbagai kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Jangan lupa, dalam mengonsumsi buah khas Ramadan di atas, agar manfaatnya bisa maksimal maka sajikan dengan pemanis yang alami ya.

Anda bisa memilih buah yang sudah matang agar rasa manis alami bisa diperoleh atau menambahkan sari buah atau sari kurma sebagai pemanis dalam minuman es Anda. Jadi manfaat untuk tubuh akan semakin maksimal, ‘kan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts