Faktor Bayi Berisiko Terkena SIDS

Faktor Bayi Berisiko Terkena SIDS

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

DokterSehat.Com– Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS adalah salah satu penyebab kematian pada bayi. Kondisi ini adalah dimana bayi meninggal mendadak tanpa menunjukkan gejala sebelumnya. Karena tidak memiliki gejala yang jelas inilah yang membuat orang tua perlu waspada. Umumnya SIDS menimpa pada bayi di bawah satu tahun.

Risiko bayi terkena SIDS

SIDS dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah tempat tidur yang tidak aman bagi bayi. Selain itu, beberapa kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko bayi meninggal karena SIDS:

1. Usia bayi di bawah 1 tahun

Usia bayi di bawah 1 tahun berisiko tinggi terkena SIDS. Rata-rata bayi yang meninggal karena SIDS adalah bayi yang berusia di bawah 6 bulan, yaitu sekitar 2-4 bulan. Diduga SIDS dapat disebabkan oleh keterlambatan atau kelainan perkembangan sel-sel saraf dalam otak yang mengatur untuk fungsi jantung dan paru-paru. Adanya gangguan tersebut menyebabkan gangguan sistem pernapasan, detak jantung dan respon tekanan darah saat bangun tidur.

2. Bayi prematur dan lahir rendah

Bayi yang lahir prematur dan memiliki berat badan lahir rendah memiliki risiko mengalami SIDS. Dalam sebuah penelitian, bayi yang lahir dengan berat badan 1500-2499 gram memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami SIDS. Semakin rendah berat bayi, akan semakin tinggi risiko mengalami SIDS.

3. Usia ibu dan gaya hidup

Usia ibu juga beprengaruh pada risiko bayi mengalami SIDS. Ibu yang hamil di bawah 20 tahun dan memiliki tingkat pendidikan rendah berisiko lebih tinggi mengalami SIDS. Selain itu ibu dengan gaya hidup perokok, mengonsumsi alkohol dan menggunakan narkoba juga ikut meningkatkan risiko SIDS.

4. Posisi tidur bayi

Posisi tidur paling berisiko bagi bayi mengalami SIDS adalah bayi yang memiliki posisi tidur tengkurap. Posisi ini dapat menyumbat saluran napas pada bayi sehingga bayi kekurangan oksigen.

Untuk itu disarankan bagi bayi baru lahir untuk selalu tidur dengan posisi terlentang. Selain itu, bayi yang tidur bersama orang tua juga beirsiko terkena SIDS karena dapat tertimpa atau terhimpit ketika tidur tanpa disadari.

5. Tidur tidak nyaman

Beberapa penyebab bayi tidur tidak nyaman seperti alas tidur tidak rata, terlalu empuk atau tidak datar, serta suhu kamar yang kepanasan atau kedinginan dapat menyebabkan bayi berisiko meninggal karena SIDS.

Untuk mengurangi risiko bayi mengalami SIDS, sebaiknya selalu awasi posisi bayi ketika tidur. Terutama jika si kecil memiliki kelainan penyakit bawaan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts