Hamil Namun Kantung Janin Belum Terlihat, Normalkah?

Hamil Namun Kantung Janin Belum Terlihat, Normalkah?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

DokterSehat.Com– Saat melihat hasil testpack menunjukkan hasil positif, tentu membuat Anda dan pasangan bahagia. Namun ketika dilakukan pemeriksaan USG, kantung janin belum juga nampak. Hal ini kadang membuat orang tua gusar dan patah semangat. Mengapa kantung janin tidak tampak meskipun hasil hasil testpack positif? Normalkah hal tersebut?

Kapan seharusnya kantung janin mulai terdeteksi?

Pemeriksaan kehamilan menggunakan testpack merupakan pemeriksaan kehamilan yang paling mudah dilakukan. Testpack bekerja dengan cara mengukur kadar hormon hCG dalam tubuh.

Namun perlu diketahui bahwa hormon hCG dalam tubuh bisa meningkat saat terjadi kehamilan di luar rahim, hamil anggur, blighted ovum atau munculnya keganasan. Untuk itu sebaiknya lakukan pemerikaan dengan USG untuk memastikan terjadinya kehamilan.

Jika pada USG kantung janin belum muncul, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Usia kehamilan terlalu muda

Umumnya pada usia kehamilan 4 minggu, kantung janin sudah dapat terlihat melalui pemeriksaan USG transvaginal. Sedangkan pada usia 5 minggu janin sudah tampak pada kantung kehamilan dan semakin jelas pada bulan-bulan sebelumnya.

Untuk itu sebaiknya Anda kembali mengulang pemeriksaan dengan USG beberapa minggu setelah pemeriksaan dengan testpack. Idealnya pemeriksaan kehamilan dilakukan pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk memastikan kehamilan dan menyingkirkan kemungkinan hamil di luar kandungan serta untuk mengukur denyut jantung janin dan mengukur panjang janin.

2. Blighted ovum

Blighted ovum atau kehamilan kosong adalah kondisi di mana sel telur yang dibuahi tertanam di dalam rahim namun tidak berkembang menjadi embrio. Saat terjadi pembuahan, sel-sel tetap membentuk kantung ketuban dan plasenta namun sel ini tidak berkembang menjadi embrio.

Meskipun tidak ada janin, namun ibu yang mengalami blighted ovum juga merasakan gejala kehamilan seperti kehamilan biasa. Ibu dapat merasakan mual dan muntah, payudara mengeras, serta berhentinya menstruasi. Jika didiagnosis blighted ovum, umumnya dokter akan merekomendasikan untuk mengeluarkan janin dengan kuretase.

Nah, bagi Anda yang mengalami hasil testpack positif namun belum juga muncul kantung janin disarankan untuk mengulang lagi pemeriksaan USG beberapa minggu setelah pemeriksaan untuk memastikan kondisi rahim. Jika terdapat kelainan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts