Manakah yang Baik untuk Mencuci Rambut, Air Hangat atau Dingin?

Manakah yang Baik untuk Mencuci Rambut, Air Hangat atau Dingin?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-mencuci-rambut
Photo Credit: Pexels.com/Leah Kelley

DokterSehat.Com– Selama ini, Anda mungkin bisa sama sekali tidak peduli mengenai suhu air yang paling ideal untuk mencuci rambut. Padahal, menurut Hair Care Manual, temperature atau suhu air membawa dampak yang berbeda bagi rambut. Suhu air ikut menentukan kesehatan rambut secara keseluruhan. Lalu, air mana yang sebenarnya paling bagus untuk dipakai mencuci rambut?

1. Apakah dengan Air Dingin?

Anda lebih senang mandi dan mencuci rambut dengan air dingin? Jika begitu mari kita simak sisi positif dan negative dari penggunaan air dingin untuk rambut. Sisi negative dari penggunaan air dingin untuk mencuci rambut adalah dapat mengurangi volume rambut Anda. Khusus untuk Anda yang berambut tipis, sebaiknya pikirkan kebiasaan mencuci rambut dengan air dingin. Lalu bagaimana dengan sisi positifnya?

Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membuat rambut lebih berkilau, rambut terhindari dari kering, dan perlu diketahui bahwa air dingin dapat menutup kutikula setelah rambut dicuci, sehingga rambut tidak mudah rusak. Mencuci rambut dengan air dingin juga dapat membersihkan kulit kepala. Air dingin melindungi kulit kepala dari kotoran, lemak serta minyak.

Bukan hanya itu, mencuci rambut dengan air dingin dapat membantu meningkatkan sirkuolasi darah ke kulit kepala Anda. Saat berada dalam keadaan dingin, darah lebih cepat mengalir dan pembuluh darah dapat melebar. Reaksi seperti itu memungkinkan kepala dan akar rambut mendapatkan nutrisi berharga yang dibutuhkan.

2. Apakah dengan Air Hangat?

Lalu, apa sebenarnya suhu yang paling ideal untuk mencuci rambut? Air hangat kah? Sama seperti air dingin, menggunakan air hangat atau panas untuk mencuci rambut memiliki sisi negative dan positif. Sisi negative darinya adalah rambut akan mudah patah. Air hangat juga ternyata dapat membuat akar rambut tidak kuat. Terutama jika Anda sengaja menggunakan air panas untuk mencuci rambut, rambut bisa mengalami kerusakan yang serius.

Sementara, sisi positif dari mencuci rambut menggunakan air hangat adalah membantu membersihkan rambut. Air hangat membuat kutikula terbuka hingga kotoran dapat mudah hilang dari rambut, penumpukan minyak juga akan ikut hilang, dan nutrisi yang mengenai kulit kepala, akan lebih mudah diserap.

3. Lalu, Manakah Suhu yang Baik?

Dari dua penjelasan di atas, dapatkah Anda simpulkan, manakah suhu yang paling ideal untuk mencuci rambut? Pada keadaan tertentu, air panas bisa berbahaya bagi rambut, namun air dingin juga bisa membawa efek buruknya sendiri.

Hair Care Manual menyarankan bahwa pada saat mencuci rambut, sebaiknya gunakan air hangat, kemudian untuk membilas, gunakan air dingin untuk mengamankan nutrisi dan hal baik pada rambut. Selesai! Keduanya baik jika baik dan tepat waktu penggunaan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts