Manfaat Tak Terduga dari Tidur Siang saat Hamil

Manfaat Tak Terduga dari Tidur Siang saat Hamil

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat ibu hamil tidur siang

DokterSehat.Com– Tidur siang memiliki banyak manfaat, termasuk bagi ibu hamil. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa ibu hamil yang sering tidur siang dapat mengurangi risiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Benarkah?

Manfaat tidur siang bagi ibu hamil

Salah satu hal yang dikhawatirkan ibu hamil adalah jika bayi lahir dengan bobot rendah (kurang dari 2.5 kilogram). Bayi dengan berat badan lahir rendah memiliki sejumlah risiko seperti diabetes, hipertensi dan gangguan pernapasan ketika usia anak-anak Untuk itu ibu hamil perlu memerhatikan kondisi ibu dan janin selama kehamilan.

Menurut penelitian yang dilakukan Lulu Song, peneliti asal Universotas Sainsa dan Teknologi Huazhong do Wuhan, China, ibu hamil yang melakukan tidur siang selama 1-1.5 jam setiap hari memiliki kemungkinan untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah daripada ibu yang tidak tidur siang.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisis 10.000 perempuan yang ikut dalam studi Kohor Bayi Sehat di China pada periode 2012-2014. Sekitar 442 wanita yang jarang tidur siang terbukti melahirkan bayi dengan bobot rendah.

Meskipun demikian, penelitian ini dianggap masih perlu penelitian lebih lanjut. Dr. Louis O’Brien dari Universitas Michigan menyebutkan bahwa perlu ada penelitian lain yang memerhatikan aspek kualitas tidur, posisi tidur, dan durasi tidur ibu hamil. Selain itu perlu juga memerhatikan beberapa gangguan tidur yang mungkin dapat menghambat pasokan oksigen ke bayi. seperti sleep apnea yang dapat membuat ibu berhenti bernapas sementara di tengah tidur.

Terlepas dari penelitian tersebut, tidur siang memiliki manfaat bagi ibu hamil di antaranya dapat memperbaiki mood, mengurangi rasa lelah, serta meningkatkan kinerja. Tidur siang pun tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup minimal 30 menit setiap harinya untuk mencegah ibu hamil sulit tidru di malam hari.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts