Masalah Kulit Yang Sering Dialami Bayi Prematur

Masalah Kulit Yang Sering Dialami Bayi Prematur

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat kulit anak prematur
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Bayi prematur memiliki perjuangan lebih berat di awal kehidupannya. Umumnya bayi prematur rentan mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan dan pendengaran. Selain itu, bayi prematur juga sering mengalami gangguan kesehatan kulit.

Gangguan kulit yang sering dialami bayi prematur

Kulit bisa jadi salah satu masalah yang dihadapi oleh bayi prematur. Beberapa gangguan kulit tersebut antara lain:

1. Kulit kemerahan

Bagi bayi yang lahir prematur sebelum 34 minggu umumnya memiliki kulit yang lebih merah dibanding bayi yang lahir di atas 34 minggu. Hal ini disebabkan oleh jaringan kulit belum berkembang sempurna sehingga kulit bayi sangat sensitif.

2. Kulit kuning

Bayi yang baru lahir terkadang memiliki kulit kekuningan. Hal ini dapat dialami bayi yang lahir cukup bulan maupun bayi prematur. Bayi dengan kulit kuning adalah kondisi yang umumya disebabkan karena menumpuknya bilirubin dalam darah. Fungsi hati pada bayi belum bekerja sempurna sehingga belum bisa mengurai bilirubin dengan baik.

3. Ruam kulit

Kulit bayi prematur lebih sensitif dari bayi yang lahir cukup bulan. Hal ini menyebabkan bayi lebih mudah mengalami ruam seperti ruam popok. Ruam ini ditandau dengan kulit kemerahan dan gatal. Ruam dapat muncul di bagian pipi, dagu, dan lipatan kulit seperti leher, lutut dan pergelangan tangan.

4. Mudah infeksi

Kulit bayi prematur yang lebih sensitif membuatnya lebih mudah mengalami luka dan infeksi. Luka dapat disebabkan karena iritasi popok, pakaian, dan gigitan nyamuk. Beberapa tanda infeksi umumnya adanya luka terbuka, ada benjolan, luka jadi semakin besar dan parah serta terdapat nanah. Jika bayi memiliki luka, sebaiknya segera diobati agar tidak memicu infeksi.

Merawat kulit bayi prematur

Perawatan bayi prematur tidak jauh berbeda dengan merawat kulit bayi baru lahir pada umumnya. Namun sebaiknya hindari menggunakan pelembut pakaian saat mencuci pakaian untuk si kecil. Pilih sabun tanpa parfum untuk mandi si kecil sehari-hari dan selalu oleskan pelembap setelah mandi untuk mencegah kulit bayi kering.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts