Mengapa Bayi Tidak Mau Menyusu?

Mengapa Bayi Tidak Mau Menyusu?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat bayi tidak mau menyusu1

DokterSehat.Com– ASI merupakan makanan utama dan terbaik bagi bayi. Karena itu WHO menyarankan agar ibu memberi ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan bayi. Selain untuk mencukupi kebutuhan gizinya, ASI juga meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Lalu bagaimana jika bayi tiba-tiba tidak mau menyusu?

Penyebab bayi tidak mau menyusu

Bayi tidak mau menyusu tentu membuat ibu cemas. Beberapa penyebab mengapa bayi tidak mau menyusu, di antaranya:

1. Pelekatan posisi menyusui kurang tepat

Posisi dan pelekatan saat menyusu sangat memengaruhi kenyamanan bayi. Apalagi menyusu dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Jika bayi tidak nyaman, umumnya ia akan enggan untuk menyusu dan rewel.

Perhatikan apakah posisi kepala bayi, kaki dan tangannya cukup nyaman saat menyusu. Jika posisi Anda terlalu menekan bayi, hal ini dapat membuat si kecil susah menelan hingga tersedak.

2. Bayi tidak enak badan

Bayi juga bisa merasa tidak enak badan lho Mom. Saat tumbuh gigi atau hidung bayi tersumbat, pilek dan sariawan dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan enggan menyusu. Untuk sementara, Anda bisa menyiasatinya dengan meminumkan ASI dengan sendok atau cup feeder.

3. Perubahan aroma tubuh ibu

Perubahan aroma tubuh ibu juga dapat memengaruhi bayi. Bisa jadi si kecil tidak menyukai parfum atau sabun yang baru saja Anda pakai. Makanan yang Anda konsumsi juga dapat menyebabkan perubahan aroma tubuh yang mungkin membuat bayi enggan menyusu.

4. Perubahan produksi ASI

ASI ibu yang menurun juga dapat menyebabkan si kecil enggan menyusu. Aliran ASI yang menurun membuat bayi tidak sabar hingga mogok minum ASI. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memberinya ASI dengan menggunakan botol sehingga aliran ASI yang diterima bayi lebih cepat.

5. Bayi stres

Bayi juga bisa merasa stres seperti layaknya orang dewasa. Saat stres, hal ini bisa ditunjukkan dengan sikap bayi yang rewel dan tidak mau menyusu. Sebaiknya beri waktu bayi beristirahat, lalu coba lagi bermain bersama bayi untuk mengembalikan moodnya dan menyusuinya lagi.

Umumnya penyebab bayi tidak mau menyusu bukanlah hal yang berbahaya. Namun hal ini dapat membuat ibu gelisah dan cemas. Jika sudah berbagai cara Anda coba namun bayi masih enggan menyusu untuk beberapa hari, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts