Sayangi Ginjal Anda dengan 4 Cara ini

Sayangi Ginjal Anda dengan 4 Cara ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-ginjal

DokterSehat.Com– Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk menyaring kotoran dari darah dan membuang bersama dengan air dalam bentuk urin. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang mengalami kerusakan pada ginjal yang dikarenakan pola hidup tak sehat, misalnya kurang minum, kurang istirahat, dan pola kerja yang buruk.

Kebanyakan orang yang terganggu ginjalnya akan merasakan sakit yang luar biasa pada beberapa bagian tubuh, seperti pinggang dan dada. Selain itu, orang yang mengalami sakit ginjal pun bisa terlihat dari ciri-ciri atau gejala yang dialami, mulai dari sering mual dan muntah, sulit tidur, sesak napas, kulit kering, sakit saat buang air kecil, dan beberapa gejala lainnya.

Oleh karena itu, jagalah ginjal Anda dari sekarang. Menjaga ginjal tidak sesulit menyembuhkannya. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga ginjal agar tetap sehat:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara yang paling ampuh dalam menjaga ginjal adalah perbanyak mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas perhari. Sebab, air putih bisa menetralkan racun di dalam tubuh sehingga bisa meringankan kerja ginjal dalam menyaring kotoran di dalam tubuh.

2. Kurangi Stres

Stres adalah sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit berbahaya. Bukan rahasia lagi, stres memang bisa membuat seseorang terkena berbagai macam penyakit, tak terkecuali ginjal. Sebab, stres bisa membuat tekanan darah menjadi kacau dan hal itulah salah satu penyebab datangnya penyakit ginjal.

3. Kurangi Penggunaan Obat-Obatan

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan yang umum seperti flu atau demam biasa, ada baiknya Anda mengonsumsi obat sewajarnya saja. Sebab, dengan mengonsumsi obat terlalu banyak maka akan membuat ginjal menjadi kerja lebih keras. Ada baiknya, Anda berkonsultasi ke dokter mengenai cara penggunaan obat yang tepat agar tak berimbas pada ginjal.

4. Olahraga Rutin

Tidak hanya untuk memberikan kebugaran, olahraga juga bisa menyehatkan ginjal Anda. Hal itu dikarenakan ketika tubuh berolahraga, maka peredaran darah pun menjadi lancar. Dengan begitu, maka ginjal bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kapasitasnya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts