Sering Berkata ‘E…’ Sebelum Mengucap Kata Benda? Ini Penyebabnya

Sering Berkata ‘E…’ Sebelum Mengucap Kata Benda? Ini Penyebabnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat_berbicara
Photo Source: Flickr/Pedro Ribeiro Simoes

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menyadari jika kita sering mengucapkan kata ‘e…’ atau ‘um…’ sebelum mengucapkan kalimat atau kata benda tertentu saat bercakap-cakap dengan orang lain? Ternyata, ada penyebab dari masalah ini, yakni kesulitan komparatif saat merencanakan kata-kata yang ingin kita ucapkan.

Dilansir dari Live Science, para ahli dari Departemen Ilmu Stastra dan Linguistik dari Amsterdam University, Belanda, melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui apa penyebab kecenderungan manusia yang terkadang mengalami jeda saat mengucapkan kalimat atau akan mengeluarkan kata-kata tertentu.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan menganalisa ribuan rekaman pidato dengan total 288.848 kata dari 9 bahasa yang berbeda dari negara-negara di Eropa, Amerika Utara, Meksiko, Himalaya, Amazon, dan Gurun Kalahari, disebutkan bahwa sebagian besar, tepatnya 60 persen jeda yang terjadi saat kita mengucapkan kalimat terjadi sebelum kita mengucapkan kata benda. Bahkan, meskipun kata kerja yang kita ungkapkan lebih rumit, kita tetap saja cenderung lebih sering mengeluarkan jeda saat akan mengucapkan kata benda.

Menurut para peneliti, adanya jeda saat kita akan mengucapkan kata benda ini ternyata disebabkan oleh kecenderungan manusia yang lebih jarang menggunakannya. Kita ternyata lebih sering menggunakan kata benda sebagai tambahan informasi yang akan kita ucapkan dan bahkan bisa menggantinya dengan jenis kata lainnya.

Selain itu, kita juga cenderung menggambarkan kata benda yang akan kita ucapkan terlebih dahulu sehingga terdapat waktu yang dibutuhkan oleh otak untuk memproses penggambaran sebelum akhirnya benar-benar mengucapkannya. Saat menggambarkan inilah kita akan berkata ‘e…’ atau ‘um…’.

Jadi, sudah tahu kan apa penyebab dari keluarnya jeda saat kita berbicara?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts