Sering Menggunakan Cat Kuku? Perhatikan Hal Berikut Agar Kuku Tetap Sehat!

Sering Menggunakan Cat Kuku? Perhatikan Hal Berikut Agar Kuku Tetap Sehat!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-merawat-kuku
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang letaknya berada pada ujung jari. Kuku sendiri tumbuh dari sel yang mengeras sehingga membuatnya menjadi kaku dan memiliki bentuk tertentu pada ujung jari manusia. Manfaat dari kuku adalah untuk melindungi sensitivitas ujung jari yang penuh dengan saraf halus agar tidak merasa sakit ketika tersentuh.

Namun, tak sebatas sampai di situ saja, kuku juga sering digunakan sebagai pemicu penampilan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan cat kuku. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan penampilan seseorang agar menjadi lebih menarik, khususnya bagi wanita. Maka tak heran, begitu banyak wanita yang mengecat kuku mereka dengan berbagai motif dan warna.

Padahal, mengecat kuku juga ada efek sampingnya yang perlu diperhatikan. Sebab, bagaimanapun juga cat kuku yang tercipta dari bahan kimia akan menyebabkan reaksi yang bica memicu gangguan kesehatan kuku Anda. Untuk mengatasinya, berikut adalah tips agar kuku tetap sehat walau sering dicat.

1. Memilih Cat Kuku Bebas Alkohol

Pertama, pastikan terlebih dahulu jika cat kuku atau kutek yang akan Anda gunakan adalah cat kuku yang bebas alkohol. Sebab, biasanya cat kuku yang diracik dengan campuran alkohol akan membuat air tak bisa diserap sehingga kuku menjadi kering. Jika kuku dan seluruh jaringannya sampai kering, maka akan memicu terjadinya infeksi.

2. Dirawat dengan Bahan Alami

Jika Anda sering menggunakan cat kuku, alangkah baiknya juga Anda sering menutrisi kuku Anda dengan bahan-bahan alami seperti madu atau jeruk nipis. Hal tersebut dilakukan agar kuku tidak kehabisan serat serta mineral. Lakukan secara rutin, seminggu 3 kali. Jangan sampai terlalu lama dibiarkan karena bisa menyebabkan kuku menjadi rusak akibat kekurangan mineral.

3. Rutin Potong Kuku

Jika Anda ingin mendapatkan kuku yang cantik dan tetap sehat, alangkah baiknya Anda menjaga kesehatannya dengan rutin memotong kuku seminggu sekali. Sebab, pada kuku yang panjang, terdapat bakteri serta kotoran yang bersembunyi. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Selain itu, kuku yang terlalu panjang juga bisa mengurangi keindahannya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts