Sering Mulas dan Diare Saat Puasa, Hindari 5 Hal Ini

Sering Mulas dan Diare Saat Puasa, Hindari 5 Hal Ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat makanan pedas
photo credit: Pexels.com

DokterSehat.Com – Saluran pencernaan menjadi cukup sensitif saat puasa. Lambung akan mengeluarkan cukup banyak asam saat siang hari sehingga kita tidak disarankan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Kalau kita asal makan saat berbuka puasa atau sahur, tubuh akan sering mengalami gangguan seperti mula dan diare. Kalau dua hal ini sampai terjadi, puasa akan terganggu.

Saat diare, tubuh akan terus mengeluarkan cairan. Padahal, kita tidak minum air selama 13 jam dari imsak hingga tiba waktu berbuka puasa. Kondisi ini tentu membuat kita semakin dehidrasi dan lemas.

Nah, agar masalah mulas dan diare yang bisa membuat Anda tidak kuat puasa ini hilang, hindari melakukan 5 hal di bawah ini.

  1. Makanan yang terlalu asam dan pedas

Salah satu pemicu utama dari kondisi diare dan mulas adalah makanan pedas dan juga asam. Makanan ini akan membuat perut semakin sensitif sehingga diare tidak bisa dihindari lagi.

Saat berbuka puasa, usahakan untuk menyantap makanan dengan rasa yang netral. Kalau pun ada rasa asam atau pedas, kepekatannya tidak terlalu tinggi.

Biasakan untuk makan sesuatu yang membuat perut jadi nyaman saat berbuka puasa. Pasalnya, lambung yang kosong akan terus menghasilkan asam.

Kalau lambung yang asam dimasuki makanan yang asam dan pedas, perut akan bergejolak. Anda akan mulas saat itu juga atau esok hari saat sahur.

  1. Makanan yang terlalu dingin

Selain makanan dan yang terlalu asam dan pedas, hindari juga makanan yang terlalu dingin seperti es. Makanan dan minuman itu memang nikmat di mulut, tapi tidak diperut.

Padahal perut membutuhkan sesuatu yang nyaman dan bisa meredakan asam lambung yang terus naik sepanjang puasa. Kalau Anda memasukkan sesuatu yang dingin, tubuh akan merespons sebaliknya.

Jadi, lebih baik konsumsi makanan yang tidak terlalu dingin, lebih baik yang hangat agar perut tidak bergejolak.

  1. Beli makanan sembarangan

Hindari membeli makanan sembarangan. Meski Anda malas masak, jangan beli yang tidak aman atau ada kemungkinan diolah dengan tidak maksimal.

Kalau Anda beli makanan di pasar takjil, usahakan untuk tetap membeli yang terlihat bersih, tertutup, dan terlihat tidak terlalu berminyak.

Kalau Anda membeli makanan sembarangan, masih ada kemungkinan makanan tersebut kotor dan membawa bibit penyakit. Esok harinya, kemungkinan Anda mengalami diare akan tinggi.

  1. Tidak menjaga kebersihan tangan

Kebiasaan ini sebenarnya tidak hanya berlaku saat sedang puasa saja. Anda bisa melakukannya kapan saja agar tangan selalu bersih dan tidak ada bibit penyakit yang menempel.

Saat puasa, Anda harus lebih memperhatikan kondisi ini. Pasalnya perut yang terlalu lama kosong akan lebih sensitif. Anda akan mudah terinfeksi bakteri jika makan tanpa mencuci tangan.

Kalau Anda tidak ada kesempatan cuci tangan, usahakan untuk tetap membawa tisu basah dan hand sanitizer. Dengan begitu kebersihan tangan akan terjaga.

  1. Masuk angin

Sebenarnya cukup sepele, tapi kondisi masuk angin yang cukup parah juga menyebabkan Anda mengalami diare. Perut akan mulas akut dan akhirnya feses yang dikeluarkan tidak bisa dalam bentuk padat.

Kondisi ini bisa dihindari kalau Anda minum atau makan sesuatu yang hangat. Saat sahur dan berbuka, hindari makanan yang dingin dan juga ekstrem.

Terakhir, saat tidur jangan lupa pakai selimut dan saat berada di luar rumah khususnya malam hari jangan lupa pakai jaket.

Semoga puasa Anda hari ini dan seterusnya lancar ya!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts