Suka Jajan Pinggir Jalan? Gunakan Tips Sehat Berikut ini!

Suka Jajan Pinggir Jalan? Gunakan Tips Sehat Berikut ini!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kesalahan-jajanan-puasa
Photo Credit: Flickr.com/La Citta Vita

DokterSehat.Com– Jajanan pinggir jalan memang sangat menggoda dan bisa menggugah selera. Selain rasanya yang lezat, jajanan tersebut juga sangat terjangkau dengan harga yang relatif murah. Namun, tidak sedikit pula orang yang enggan berbelanja jajajan pinggir jalan karena berbagai faktor yang diklaim tidak baik bagi kesehatan.

Sebab, sudah banyak terjadi gangguan kesehatan akibat terlalu sering mengonsumsi jajanan pinggir jalan, misalnya diare atau gangguan pencernaan. Namun, bagi Anda yang berbelanja jajanan pinggir jalan tanpa takut gangguan kesehatan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membelinya:

1. Kebersiham

Faktor pertama adalah kebersihan. Lihatlah bagaimana kebersihan dari makanan itu. Kemudian tidak lupa juga melihat kebersihan dari alat masak serta tempatnya. Sebab, biasanya banyak pedagang di pinggir jalan yang kurang memerhatikan kebersihan alat masaknya sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan, khususnya pencernaan.

2. Pilih Jajanan Sehat

Ada begitu banyak pilihan jajanan pinggir jalan yang cukup menggiurkan. Tapi Anda harus perhatikan betul, mana jajajan sehat dan jajajan yang tak sehat. Sehat dan tidaknya makanan bisa dilihat dari tekstur bentuk, warna, bahan yang digunakan dalam membuat makanan tersebut. Sebab, seringkali makanan tak sehat dibuat dari bahan berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya radang tenggorokan.

3. Jangan Terlalu Sering

Poin ini adalah yang paling penting. Walaupun jajanan pinggir jalan yang Anda konsumsi tergolong dalam makanan sehat, alangkah lebih baik jika Anda tidak terlalu sering mengonsumsinya. Sebab, bagaimanapun juga makanan pinggir jalan pasti mengandung bahan yang berlebihan. Misalkan terlalu banyak minyak, terlalu banyak gula, serta terlalu banyak bahan pengawet. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jajanan pinggir jalan dengan terlalu sering.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts