Tak Mahal, Inilah 3 Cara Praktis dan Mudah untuk Menjaga Kesehatan Kaki

Tak Mahal, Inilah 3 Cara Praktis dan Mudah untuk Menjaga Kesehatan Kaki

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-scrub-kaki
Photo Credit: Pexels.com/Marianna

DokterSehat.Com– Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya. Bahkan, karena begitu pentingnya kaki, banyak yang mengistilahkan jika kaki adalah pondasi dari tubuh manusia. Sebab, dengan kaki yang sehat, seseorang akan mudah berjalan dan melakukan aktivitas apapun tanpa kendala.

Begitu pula sebaliknya, ketika kaki tidak sehat, maka seseorang akan merasa kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Gangguan kesehatan pada kaki pun bervarian, mulai dari rasa nyeri, tulang keropos, hingga berubahnya struktur kaki yang membuat aktivitas jalan menjadi terganggu.

Untuk menghindari seluruh masalah tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dalam merawatnya. Sebab, ada beberapa cara yang praktis dan mudah yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan kaki. Berikut diantaranya:

1. Rutin Membersihkan

Kaki adalah bagian tubuh yang menjadi sasaran bakteri dan virus untuk berkembang biak. Hal itu dikarenakan kaki selalu terbungkus alas seperti sandal ataupun sepatu. Maka tak heran, jika kaki sering sekali mengalami bau yang kurang sedap. Hal itu dikarenakan sirkulasi udara yang didapatkan tidak baik. Jika terus dibiarkan, maka akan memicu datangnya infeksi yang bisa akhirnya bisa membuat kelumpuhan. Untuk itu, bersihkanlah kaki secara rutin, jika perlu gunakan air hangat.

2. Gunakan Alas Kaki yang Pas

Salah satu penyebab kerusakan pada kaki adalah dengan menggunakan alas kaki yang tidak pas, yakni kekecilan atau kebesaran. Misalnya Anda mengenakan sepatu kekecilan dalam waktu lama, maka kebiasaan itu akan membuat struktur kaki menjadi berubah. Tentunya, ketika struktur kaki berubah, maka Anda akan mengalami perbedaan gerak yang akhirya bisa membuat rasa lelah lebih cepat. Untuk itu, gunakanlah alas kaki yang pas dengan kaki Anda.

3. Jemur

Cara ini memang terkesan konvensional, tapi telah terbukti manfaatnya. Banyak orang yang mengabaikan matahari pagi, padahal terik di pagi hari sangat baik bagi tubuh dalam memproduksi vitamin D, begitupula dengan kaki. Agar kesehatan kaki Anda terjaga, usahakan menjemur kaki setiap hari selama 5 menit di pagi hari. Selain bisa menguatkan tulang, berjemur di pagi hari juga bisa mengusir bakteri dan jamur penyebab infeksi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts