Tips Mengatasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Tips Mengatasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat atasi nyeri pinggang saat hamil
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Sakit pinggang merupakan salah satu gangguan kehamilan yang sering terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada usia hamil muda maupun saat memasuki trimester akhir menjelang kelahiran. Terkadang nyeri pinggang ini dapat terasa sangat sakit sehingga menghambat aktivitas Anda.

Penyebab nyeri pinggang saat hamil

Nyeri pinggang umumya dialami hampir sebagian besar wanita hamil. Kondisi ini adalah kondisi yang wajar dan tidak berbahaya. Umumnya nyeri pinggang ini dialami oleh ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih atau pernah mengalami sakit pinggang pada kehamilan sebelumnya. Selain itu, beberapa penyebab sakit pinggang antara lain:

1. Peningkatan hormon

Saat hamil, tubuh mengekuarkan hormon yang mengakibatkan ligamen di daerah panggul melunak dan sendi menjadi longgar untuk persiapan proses persalinan. Melonggarnya ligamen ini dapat memengaruhi beban kerja dari tulang belakang sehingga menyebabkan nyeri pinggang.

2. Pengaruh pusat gravitasi

Saat peruh semakin membesar, pusat gravitasi akan ikut bergeser seiring dengan perkembangan rahim yang menyebabkan postur tubuh berubah. Hal ini tanpa disadari dapat memengaruhi pusat gravitasi.

3. Bertambahnya berat badan ibu

Bertambahnya berat badan tentunya menambah beban pada otot pinggang dan tulang belakang sehingga pada batas tertentu dapat menyebabkan sakit pinggang selama kehamilan.

Cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil

Karena nyeri pinggang dapat muncul kapan saja, Anda dapat melakukan latihan untuk mencegah nyeri pinggang ini kambuh. Beberapa cara mencegah nyeri pinggang antara lain:

1. Olahraga

Berenang dan jalan kaki merupakan olahraga tanpa beban yang baik bagi ibu hamil. Selain melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh ibu hamil lebih bugar, berenang dan jalan kaki dengan rutin juga dapat mengurangi nyeri pinggang pada ibu hamil.

Jika Anda tidak sempat berolahraga, Anda juga bisa melakukan peregangan ringan setiap hari saat di rumah maupun di kantor. Semakin sering Anda berolahraga atau melakukan peregangan, otot dan tulang Anda akan semakin terlatih.

2. Beraktivitas secara hati-hati

Selama hamil, usahakan untuk tidak bergerak terlalu cepat agar mengurangi rasa sakit. Umumnya nyeri yang sering dirasakan adalah daat berdiri terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring. Anda juga bisa menggunakan bantal penyangga pada punggung saat berbaring atau duduk dalam waktu lama.

3. Jaga pertambahan berat badan

Untuk menghindari nyeri pinggang, Anda disarankan untuk menjaga pertambahan berat badan dengan baik. Konsultasikan pertambahan berat badan ideal pada dokter kandungan untuk mengurangi nyeri pinggang dan memperlancar persalinan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts