Tips Mudah Melatih Bayi Berguling

Tips Mudah Melatih Bayi Berguling

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

DokterSehat.Com– Melihat bayi berguling, tentu semakin menggemaskan ya Mom? Bayi yang belajar berguling pertanda bahwa perkembangan motoriknya semakin pesat. Pada periode ini, orang tua juga perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan kemampuan bayi berguling.

Kapan bayi mulai berguling?

Pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan setiap orang tua. Perlu diingat bahwa kemampuan bayi sangat berbeda satu sama lain sehingga tak perlu khawatir jika si kecil belum berguling namun bayi usia sebayanya sudah mampu berguling.

Umumnya bayi mulai berguling di usia 3-4 bulan dan mulai berguling dengan lancar pada usia 6-7 bulan. Jika bayi belum berguling pada usia 8-9 bulan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Melatih bayi berguling

Jika Anda ingin melatih si kecil berguling, sebaiknya mulailah pada usia 3 bulan. Awalnya, bantu anak untuk mencapai posisi tengkurap. Setelah itu, bantu ia untuk mengangkat kepala dan bahunya untuk menjauhi lantai. Gerakan ini dapat membantu Anda untuk memperkuat otot leher dan otot lain yang digunakan untuk berguling.

Saat pertama kali bayi belajar berguling, ia mungkin tampak tidak nyaman atau menangis. Untuk itu saat pertama kali mengajaknya tengkurap atau berguling, lakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, hanya selama 30 detik saja. Setelah itu, Anda bsia mengulanginya dalam waktu yang lebih lama.

Ketika bayi sudah berusia 5-7 bulan, otot-ototnya akan semakin kuat. Ia sudah mampu untuk mengangkat kepala dan membuat gerakan seperti berenang. Saat usia ini bayi mungkin sudah lebih lancar untuk berguling dengan baik dan mampu berguling lebih dari satu putaran.

Bayi yang mampu berguling dengan baik, Anda mungkin perlu meningkatkan pengawasan pada si kecil. Pasalnya, si kecil juga akan terus bergerak untuk mengeksplorasi kemampuan tubuhnya.

Bagi Anda yang bisa mengganti popok di meja khusus, sebaiknya pindahkan kegiatan tersebut ke tempat tidur atau tempat yang lebih rendah untuk menghindari bayi berguling dan terjatuh.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merangsang bayi berguling adalah dengan menggunakan mainan. Tempatkan mainan favorit si kecil sedikit jauh dari jangkauannya, lalu pancing bayi untuk meraihnya selama tengkurap.

Selain itu Anda juga bisa memberi contoh langsung untuk berguling sambil bermain dengan bayi. Namun, hati-hati saat menunjukkan kemampuan berguling ini ya Mom. Sebaiknya jaga jarak yang aman agar bayi dapat melihat Anda berguling dan menirukannya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts