Segudang Manfaat Toko Online Bagi Penjual Wajib Tahu

Apa manfaat toko online bagi merchant untuk kelangsungan bisnis? Dengan munculnya iklan di media sosial dan situs web, belanja online telah menjadi salah satu cara yang wajib diperlukan untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Toko online menawarkan banyak cara kepada pedagang untuk terhubung dengan konsumen dan melakukan bisnis tanpa membuka toko offline. Penting untuk menganalisis bisnis Anda untuk mempelajari tentang manfaat penjualan jarak jauh online. Mari kita lihat beberapa manfaat memulai toko online untuk bisnis Anda.

Manfaat toko online untuk perusahaan Anda

Misalnya, jika Anda membuka toko di kota, Anda akan mendapatkan hasil instan dalam hal visibilitas. Memang, jika Anda juga berada di lokasi yang strategis (misalnya, di alun-alun kota), efeknya akan signifikan, karena orang yang melihat di jalan akan langsung melihat bagian depan toko.

Inilah salah satu alasan mengapa wajib untuk tetap menjadi yang terdepan, memamerkan promosi dan produk unggulan. Selain itu, pelanggan yang tidak terbiasa dengan evolusi Internet dalam hal visibilitas produk akan lebih suka dan ingin menyentuh produk yang mereka minati.

Di toko biasa, Anda dapat memeriksa pakaian dengan cermat dan melihat dari bahan apa pakaian itu dibuat. Beberapa orang juga menghargai interaksi penjual yang dapat memberi petunjuk dan membina mereka tentang cara melakukan pembelian yang benar.

Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki modal yang banyak untuk menyewa toko? Tentu, mendirikan toko online adalah solusi paling sederhana dan murah, bukan?

Biaya. dengan biaya overhead yang rendah
Secara umum, toko online lebih hemat biaya untuk didirikan dan dioperasikan daripada toko fisik, meskipun penting untuk dipahami bahwa investasi berkelanjutan diperlukan agar toko online dapat berfungsi.

Selisih biaya bisa jutaan dan jutaan dihabiskan untuk sewa, biaya pemeliharaan, pajak properti, asuransi, dan banyak lagi.Selain semua biaya ini, pemilik toko biasanya harus mempekerjakan lebih banyak karyawan. Namun, di toko online, biaya awal cuma sebagian kecil dari total biaya yang harus Anda keluarkan saat membuka toko offline.

Cakupan pelanggan yang diperluas
Sebagai pengecer online, Anda dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan lebih cepat dibandingkan toko offline sebab penjualan online memiliki keunggulan buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Jual online juga memungkinkan Anda, sebagai pedagang, untuk menampilkan produk di mana saja di dunia tanpa biaya tambahan.

Fleksibilitas yang lebih besar
Toko online dapat diperbarui segera dan sesering yang Anda inginkan – misalnya, untuk mengiklankan “Deal of the Day” di halaman depan Anda tanpa memerlukan materi promosi yang mahal.

Misalnya, Anda dapat mengubah harga suatu produk menggunakan toko online yang Anda kelola sendiri, Anda dapat mengubah harga produk yang Anda jual, dan Anda juga dapat menambahkan produk baru untuk dijual.

Belanja online juga menghemat ruang, sehingga Anda dapat memajang dan menjual produk sebanyak yang Anda suka, dan produk di luar musim juga tersedia.

Hasil Pemasaran Internet yang Dapat Anda Ukur
Pemilik bisnis menemukan bahwa dengan penargetan yang lebih baik, mereka menarik lebih banyak pelanggan yang memenuhi syarat, meningkatkan peluang iklan online Anda, dan mengurangi biaya pemasaran Anda.

Dengan profil pelanggan yang ditingkatkan, kemampuan untuk menargetkan produk dan layanan ke grup tertentu berdasarkan pembelian data menjadi lebih mudah jika analitik yang baik disematkan di situs web Anda. Plus, berinvestasi dalam pengoptimalan mesin pencari akan membuat toko online Anda lebih mudah diakses pelanggan/konsumen yang mencari produk Anda.

Tidak diragukan lagi, ada banyak keuntungan dari toko online untuk penjual. Jual online dapat membawa banyak manfaat tambahan untuk bisnis tertentu. Pengusaha bertanggung jawab untuk mendidik diri mereka sendiri, menilai situasi, bekerja dengan profesional, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Mudah untuk mempromosikan bisnis Anda
Salah satu hal terbaik tentang toko online adalah jika Anda sudah memiliki situs web, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengiklankan bisnis Anda secara online. Cukup tambahkan strategi pemasaran digital yang tepat dan Anda akan melihat hasil yang produktif. Tidak masalah jika Anda memiliki anggaran besar atau ketat, pemasaran online adalah peluang untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

Usaha kecil dan pemula dapat memakai market online untuk bersaing dengan pesaing mereka. Menggunakan optimasi mesin pencari (SEO), optimasi media sosial (SMO) dan pemasaran konten akan sangat efektif untuk Anda. Ketiganya akan membantu Anda bersaing dengan banyak perusahaan di ceruk pasar Anda.

Konten yang lebih baik, strategi cerdas, dan nilai bagi audiens target Anda adalah beberapa hal yang akan membuat situs web perusahaan Anda berada di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil terbaik di mesin pencari, mendapatkan lalu lintas berkualitas, konversi lebih baik, dan lebih banyak keuntungan.

Lebih terjangkau daripada pemasaran tradisional dan terukur melalui analitik
Menurut data terbaru, lebih dari 30% bisnis telah beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran online. Alasan untuk ini adalah kemampuan pemasaran internet untuk menawarkan hasil yang terukur dengan biaya terbatas.

Biaya pemasaran internet per prospek lebih kecil daripada kampanye market tradisional lainnya. Statistik ini juga menunjukkan dua saluran pemasaran online, media sosial dan pemasaran email, memiliki CPL terendah.

Terlepas dari semua hal di atas, Anda dapat dengan mudah mengukur efektivitas kampanye pemasaran online Anda menggunakan analisis web.

Analytics mencakup berbagai metrik yang memberi tahu Anda seberapa baik kinerja kampanye pemasaran online Anda dan apakah mereka melakukan apa yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan analitik untuk mengetahui pengunjung Anda, perilaku mereka, pergerakan lalu lintas, tampilan halaman, dan banyak lagi.

Manfaat utama analisis web termasuk mengetahui apa yang dicari orang di situs web Anda, melacak kampanye, mendapatkan umpan balik konten, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa alat analisis web yang dapat Anda gunakan untuk melacak kinerja situs Anda:

  • Google Analytics
  • KISSmetrics
  • UserTesting
  • Crazyegg
  • Alexa
  • FoxMetrics
  • Chartbeat
  • Clicky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *