Laporan Keuangan yang Baik untuk Perusahaan

Dalam penyusunan laporan harus memenuhi kriteria  laporan keuangan yang baik agar manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai pengelolaan perusahaan.

Perkembangan perusahaan akan menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis, tetapi semua ini membutuhkan analisis dan laporan yang baik untuk menyusun rencana jangka pendek, menengah dan panjang.

Laporan keuangan yang baik dan terkini merupakan faktor penentu dalam memungkinkan setiap rencana perusahaan dapat dilaksanakan secara maksimal dan sesuai dengan harapan semua pihak.

Manfaat pelaporan keuangan

Laporan keuangan sebagai informasi satu periode yang relevan dengan gambaran keuangan memberikan manfaat, antara lain:

  • Gambaran implementasi bisnis yang telah dilakukan selama ini.
  • Media informasi untuk pihak in-house dan out-of-company.
  • Uraian dan penilaian yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, serta pencapaian yang dicapai selama ini, akan menjadi rencana pengembangan perusahaan ke depan.
  • Karakteristik laporan keuangan yang baik

Besarnya manfaat pelaporan keuangan yang ditujukan tidak hanya untuk pihak internal tetapi juga pihak eksternal, maka laporan keuangan harus disusun sebaik mungkin.

Apa saja ciri-ciri laporan keuangan yang baik, antara lain sebagai berikut:

  1. Mengerti

Laporan keuangan yang memuat informasi harus disusun dengan standar yang baik dan rinci agar siapa saja yang membacanya dapat memahami maksud dari laporan tersebut.

Laporan menjadi lebih transparan sehingga pembuat kebijakan dapat membuat keputusan yang tepat tentang kinerja perusahaan selama satu periode.

  1. Sesuai

Laporan keuangan yang disusun diharapkan dapat menjadi kekuatan pendorong di balik setiap kebijakan bagi pengambil keputusan untuk menganalisis kinerja masa lalu dan merencanakan masa depan.

Informasi keuangan harus tepat agar peramalan bagi manajemen perusahaan dapat lebih akurat dan tingkat perkembangan bisnis perusahaan menjadi lebih baik.

  1. Bisa jadi pembanding

Laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi sangat membantu pemangku kepentingan. Manajemen harus dapat membandingkan dan mengevaluasi kinerja masing-masing perusahaan, terutama selama beberapa bulan dan tahun terakhir.

Hasil perusahaan sesuai dengan harapan perusahaan atau tidak. Posisi keuangan juga dapat dibandingkan tidak hanya di dalam perusahaan, tetapi juga akan lebih baik misal ada pembanding dengan laporan keuangan lainnya.

Manfaat dapat menjadi ukuran keberhasilan suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan sejenis lainnya yang selama ini mampu bersaing. Bersaing baik dalam produktivitas maupun dalam meningkatkan kesejahteraan setiap karyawan.

  1. Terpercaya / dapat diandalkan

Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan harus memuat laporan yang benar dan transparan agar keadaan perusahaan diketahui dengan baik, terutama oleh organ internal perusahaan.

Jika laporan tersebut tidak dapat diandalkan maka akan berakibat fatal bagi para pengambil keputusan, dan tidak mungkin dapat menentukan dengan tepat arah kebijakan perusahaan, sehingga pada akhirnya akan merugikan banyak pihak. Beberapa aspek akan mempengaruhi keandalan informasi yang dihasilkan, seperti:

  1. Selesai

Informasi tersebut harus lengkap agar laporan dapat terbaca dengan benar. Semakin lengkap laporan keuangan maka semakin akuntabel arah kebijakan perusahaan.

Sebaiknya menyajikan laporan yang disusun sesuai dengan standar yang ada di perusahaan, sehingga laporan yang ada memuat informasi yang memenuhi harapan semua pihak.

  1. Jujur dilakukan

Laporan harus disusun secara jujur ​​dan berkualitas tinggi, setiap transaksi dilakukan dan dilaporkan sehingga tidak ada transaksi yang disembunyikan atau disembunyikan.

Jika ada transaksi yang tidak terlaporkan, hal ini akan mengakibatkan kondisi keuangan perusahaan menjadi tidak benar.

  1. Netral

Pemberian informasi dalam laporan harus sesuai dengan standar pelaporan, jangan sampai laporan dibuat berdasarkan perintah dari pihak tertentu.

Laporan yang disusun untuk tujuan tertentu akan menguntungkan beberapa pihak, namun di sisi lain ada pihak yang dirugikan. Akhirnya perusahaan menjadi tidak sehat.

  1. Ada pertimbangan yang baik

Terkadang, saat menyusun laporan keuangan, Anda mengalami kesulitan dalam mengungkapkan dan menyampaikan laporan, sehingga unsur due diligence memaksa Anda untuk menyusun laporan dengan pertimbangan yang lebih matang.

Anda berharap laporan tersebut tidak hanya di atas kertas, tetapi ada manfaat yang bisa dirasakan dari laporan keuangan yang disusun.

Saat menyusun laporan keuangan tahunan, bukan hanya aturan dan standar akuntansi perusahaan yang ada yang diikuti. Laporan harus disusun sesuai dengan kriteria  laporan keuangan yang baik agar laporan tersebut bermanfaat dan berdampak baik bagi perkembangan perusahaan.

Semakin berkembang perusahaan, semakin semua peserta berharap untuk peningkatan kesejahteraan lebih lanjut dari pihak-pihak di dalam perusahaan.

laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar akuntansi dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi dan berbagai fungsi yang dikandungnya.

Selain kemampuan untuk menghasilkan laporan, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengelola bisnis atau bisnis yang Anda jalani saat ini.

Di zaman kita yang serba cepat dan modern, inilah saatnya untuk mengganti metode manual dengan teknologi yang menyederhanakan operasi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *