Pengertian dan Perbedaan Barang Ekonomi dan Barang Bebas

Manusia pasti  memerlukan barang atau jasa sebagai alat untuk memenuhi kebutuhannya. Ada 3 jenis barang dalam perekonomian yang dibutuhkan masyarakat, yaitu barang ekonomi, barang gratis, dan barang kecil.

Dari ketiga barang tersebut, barang ekonomi termasuk barang pokok kehidupan manusia. Tapi apa itu barang ekonomi?

Definisi Barang ekonomi

Seperti disebutkan sebelumnya, ada 3 jenis barang dalam perekonomian yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya adalah kebutuhan rumah tangga.

Barang ekonomi adalah barang yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi dalam jumlah yang terbatas.

Terbatas disini berarti sangat sedikit dibandingkan kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga untuk mendapatkan manfaat tersebut masyarakat harus berkorban untuk dapat menerimanya.

Di sini pengorbanan bukanlah pengorbanan dalam konteks kekerasan. Pengorbanan ini berarti orang harus mengeluarkan uang, waktu, tenaga, pikiran atau hal lainnya.

Contoh barang rumah tangga

Berikut adalah beberapa contoh manfaat ekonomi yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

– Makan dan minum

Makanan dan minuman merupakan barang ekonomi yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk hidup. Untuk mendapatkan makanan dan minuman ini, orang harus mengeluarkan uang. Selain uang, masyarakat juga harus menyumbangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk bisa mengolah makanan dan minuman tersebut.

– gaun

Selain makanan dan minuman, pakaian merupakan salah satu barang ekonomi yang sangat penting bagi masyarakat. Ada banyak pakaian, tetapi terbatas dan membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Di sini pengorbanan dilakukan dalam bentuk uang, waktu, tenaga dan materi. Dengan menggunakan pengorbanan tersebut, kita dapat mengolah bahan untuk membuat pakaian yang dapat digunakan.

– tempat tinggal

Aset selanjutnya adalah tempat tinggal. Perumahan adalah barang ekonomi karena sifatnya sangat terbatas.

Seseorang harus berusaha keras untuk mendapatkan tempat tinggal, baik itu rumah permanen atau pensiun sementara.

Untuk mendapatkan rumah permanen, orang harus mengeluarkan lebih banyak uang daripada menerima pensiun. Biaya ini digunakan untuk membeli sebidang tanah, dan kemudian membangun rumah permanen dari pasir, kayu, semen dan bahan lainnya. Selain itu, kami harus membayar untuk pekerjaan konstruksi.

– kendaraan

Kendaraan juga merupakan bagian dari barang ekonomi yang memudahkan transportasi. Untuk mendapatkan mobil ini, kita harus membayar sejumlah uang untuk itu. Untuk dapat memproduksi kendaraan, manusia juga membutuhkan pengorbanan seperti pikiran, waktu dan pengetahuan untuk dapat memproduksinya.

Barang Bebas

Barang Bebas adalah barang yang dibutuhkan orang, tetapi tidak membutuhkan pengorbanan.

Perangkat lunak bebas, sebagai suatu peraturan, adalah barang-barang yang diciptakan oleh alam itu sendiri dan dapat digunakan oleh orang-orang sebanyak yang mereka inginkan tanpa mengeluarkan uang.

Contoh paling sederhana dari produk bebas adalah oksigen. Orang yang hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bernapas, tetapi oksigen yang sangat dibutuhkan itu gratis dan hemat biaya.

Namun, dalam beberapa kasus oksigen juga dapat menjadi aset ekonomi. Bagi penderita gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan, oksigen yang digunakan biasanya tidak dapat digunakan dengan oksigen. Oksigen adalah jenis oksigen khusus yang memerlukan perlakuan khusus sebelum digunakan. Dan, tentu saja, untuk mendapatkannya, Anda perlu mengorbankan diri sendiri.

Perlu juga dicatat bahwa tidak semua produk yang dapat dibeli dengan mudah tanpa batasan adalah gratis. Karena barang gratis adalah barang yang diperlukan untuk kehidupan seseorang.

Perbedaan antara barang ekonomi dan barang bebas

Setelah membaca pengertian dan contoh barang ekonomi dan barang gratis, Anda pasti sudah paham perbedaannya. Perbedaan kedua jenis produk tersebut:

– Banyak

Manfaat ekonomi terbatas, dan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Sementara produk gratis adalah kebalikannya, produk gratis tidak terbatas dan tidak membutuhkan pengorbanan.

– produksi

Barang-barang ekonomi memerlukan beberapa usaha untuk dapat diperoleh. Berkat upaya tersebut, aset hanya dapat diproduksi dalam jumlah terbatas.

Berbeda dengan produk gratis. Perangkat lunak bebas tidak membutuhkan banyak usaha seperti untuk membuatnya. Contoh sederhana adalah sinar matahari dan oksigen. Kedua benda tersebut dibutuhkan oleh manusia, namun manusia pada awalnya tidak membutuhkan proses produksi untuk mendapatkannya.

– Bagaimana kamu mendapatkannya?

Pertanyaan terakhir adalah bagaimana cara mendapatkan item tersebut.

Manfaat ekonomi membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan tersebut bisa berupa uang, waktu, tenaga, pikiran, dan lainnya. Dengan menggunakan pengorbanan ini, orang akan bisa mendapatkannya.

Item gratis dapat diperoleh tanpa pengorbanan karena sifatnya yang tidak terbatas. Yang harus kita lakukan untuk mendapatkan sinar matahari adalah keluar dari rumah dan kita bisa mencari udara di mana saja.

Barang ekonomi adalah barang yang dibutuhkan masyarakat. Meski jumlahnya terbatas, orang akan selalu berusaha mendapatkannya.

Terkadang, sebagian orang masih belum mengerti apakah FMCG yang mereka gunakan ekonomis atau gratis.

Apakah Anda seorang pengusaha? Setiap perusahaan harus memiliki perencanaan yang matang dan akurat untuk menjamin efisiensi dan kelancaran jalannya perusahaan. Selain perencanaan yang matang, kinerja atau praktik juga harus diperhatikan. Misalnya, dalam kaitannya dengan pelaporan keuangan atau akuntansi, pemantauan proses produksi, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *