Robo Advisor: Definisi, Cara Kerjanya, dan Manfaat Investasi

Robo Advisor: Definisi, Cara Kerjanya, dan Manfaat Investasi

Investasi tunai seperti saham, obligasi dan reksa dana yang sebelumnya banyak dipersoalkan karena sulit dipahami dan kurangnya sosialisasi, kini banyak digunakan sebagai alternatif menabung/menyimpan uang karena keuntungannya bisa berkali-kali lipat dari tabungan di. rekening tabungan pada umumnya.

Namun, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu investasi dan berbagai manfaatnya, perkembangan alat investasi dan teknologi pendukungnya pun semakin maju.

Robo Advisor: Definisi, Cara Kerjanya, dan Manfaat Investasi
duniafintech.com

Berbicara tentang teknologi yang mendukung investor dalam memilih dan mengelola investasinya, kini Anda dapat memanfaatkan fitur baru yaitu robo advisor untuk membantu Anda menginvestasikan uang Anda dengan aman, cepat dan efektif dalam menghasilkan keuntungan.

Apa itu Robo Advisor?

Robo Advisor adalah platform digital yang membantu mengelola berbagai jenis layanan keuangan dan perjanjian perencanaan keuangan, dengan sedikit atau tanpa bantuan dari sumber daya manusia.

Robo Advisor dibuat melalui teknologi pemrograman algoritme canggih yang mampu memberikan saran solusi khusus untuk menemukan program terbaik berdasarkan data yang dimasukkan oleh platform investasi dan informasi yang diberikan oleh klien itu sendiri.

Dalam perihal investasi, robo advisor berperan selaku teknologi yang bisa menolong secara otomatis merancang portofolio investasi yang maksimal bersumber pada umur, profil resiko, serta tujuan hidup .

Jadi, dengan robo advisor, investor/ calon investor tidak butuh bertanya dengan financial planner . Sebab, robo advisor secara otomatis akan membuat portofolio investasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan klien/prospek menggunakan algoritma.

Robo Advisor hanya bekerja berdasarkan data persis yang dimasukkan ke dalam sistem. Dari data ini, robo advisor akan membuat keputusan tentang portofolio mana yang dibutuhkan. Membuat robo advisor cocok untuk investor yang lebih suka mengelola investasinya tetapi ingin mengoptimalkan portofolio investasinya.

Namun, untuk tipe investor yang suka berinteraksi dengan seorang penasihat, penasihat robo tidak tepat untuk kebutuhan Anda. Karena bagaimanapun juga seorang robo advisor hanyalah sebuah mesin yang tidak memiliki dan tidak memahami emosi, hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau bersifat pribadi tidak bisa dianggap remeh.

Bagaimana Robo Advisor bekerja dalam menciptakan portofolio investasi

Secara umum, robo advisor memiliki 3 sistem operasi dasar untuk membantu klien dalam membentuk, membuat, melengkapi dan meningkatkan portofolio investasi online, yaitu:

  • Auto Risk Profiling : di mana klien harus menjawab pertanyaan / survei tentang platform investasi digital mana yang harus dipilih untuk menentukan profil risiko mereka dengan algoritme yang tidak bias.
  • Auto Financial Plan : penasihat robo selanjutnya hendak berikan Kamu alokasi portofolio investasi terbaik ataupun yang sangat cocok dengan jawaban survei .
  • Auto Rebalancing : Pertahankan alokasi optimal Anda saat pasar berubah untuk mengurangi risiko investasi Anda sebanyak mungkin.

Jika dijelaskan, klien yang ingin mendapatkan portofolio investasi terbaik dengan teknologi robo advisor akan melalui langkah-langkah berikut:

1. Isi pertanyaan/survei online

Langkah awal buat bisa memakai robo advisor merupakan menanggapi sebagian persoalan/ survey supaya sistem robo advisor bisa mengenali profil resiko Kamu . Hal ini sangat penting agar dapat menghasilkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Buat akun untuk mulai berinvestasi

Setelah mengisi survei profil risiko, Anda dapat membuat akun dengan perusahaan penasihat robo untuk menyimpan dana untuk diinvestasikan. Akun ini kemudian dapat diakses secara otomatis oleh robo advisor sehingga klien dapat mengotomatisasi semua aktivitas investasi.

3. Data yang terkumpul diproses oleh robo advisor

Data profil risiko yang diperoleh dari Anda setelah menyelesaikan survei akan diproses secara otomatis oleh robo advisor. Semacam disebutkan di atas, penasihat robo memproses informasi bersumber pada algoritma.

4. Robo Advisor akan merekomendasikan portofolio yang paling sesuai

Setelah memproses data, penasihat robo akan memberikan berbagai rekomendasi portofolio kepada klien. Kemudian, robo dapat secara otomatis membeli produk investasi yang direkomendasikan dengan uang yang disimpan di akun investasi.

5. Menyeimbangkan portofolio

Seiring waktu, hasil investasi dapat bervariasi. Jika keuntungan investasi Anda tidak merata, proporsi dalam portofolio investasi Anda dapat berubah dan tidak lagi optimal. Oleh karena itu, robo advisor akan secara otomatis memantau dan menyeimbangkan portofolio secara berkala tidak hanya untuk memaksimalkan keuntungan tetapi juga untuk meminimalkan risiko.

Keuntungan menggunakan Robo Advisor dalam investasi

1. Biaya lebih rendah

Penasihat Robo yang membebankan komisi berdasarkan persentase aset umumnya antara 0,15% dan 0,5% dari semua aset investasi yang dimiliki.

Biaya ini relatif murah karena firma robo advisor tidak perlu menyediakan tenaga kerja untuk melayani investor secara langsung (karena telah digantikan oleh robot) dibandingkan dengan biaya yang dikenakan saat menggunakan jasa penasihat/konsultasi keuangan konvensional.

2. Mempermudah kegiatan investasi

Menggunakan Robo Advisor akan menghemat kebutuhan Anda karena tugas ini sudah dapat dilakukan oleh Robo Advisor.

Anda juga mungkin merasa lebih mudah untuk memasuki pasar perdagangan dan mengikuti perdagangan di pasar itu. Plus, akses 24/7 memudahkan Anda mengakses portofolio keuangan Anda.

3. Lebih efisien dan praktis

Menggunakan Robo Advisor untuk mengelola portofolio dianggap lebih efisien daripada menggunakan layanan penasihat keuangan tradisional yang memiliki prosedur lebih rumit. Di mana Anda harus terlebih dahulu menghubungi penasihat keuangan atau bertemu langsung untuk mengelola portofolio Anda.

Selain itu, Anda perlu menjelaskan kondisi keuangan Anda, mengisi dokumen yang diperlukan dan menunggu hasil yang diinginkan. Sementara itu, dengan penasihat robo, hal-hal ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik dan dapat dilakukan di mana saja dalam pengelolaan dan proporsi portofolio investasi klien.

4. Rekomendasi portofolio yang lebih tepat sasaran

Karena portofolio yang direkomendasikan didasarkan pada data survei yang telah Anda selesaikan, keakuratan portofolio dibandingkan dengan produk investasi yang direkomendasikan bisa sangat tinggi atau bisa mencapai 90% lebih tergantung pada kesesuaian situasi keuangan dan kepribadian Anda. . Jadikan investasi yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari penasihat robo lebih aman dan lebih menguntungkan.

Kesimpulan

Selain lebih efisien, robo advisor juga bisa menjadi sarana paling tepat bagi investor pemula yang baru belajar berinvestasi dengan risiko investasi rendah. Kini juga ada platform investasi digital yang menyediakan kemampuan robo advisor di Indonesia. Anda hanya perlu mendaftar karena akses ke platform mudah dan aman. Semoga beruntung!