ebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi .
gambar:www.yuksinau.id

Sebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi ? Simak Penjelasannya

Halo guys ada pertanyaan nihh, Sebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi ? ada yang tahu ?mari simak ulasan di bawah ini ya guys agar kalian tidak bingung.

Pembangunan dan modernisasi adalah dua proses yang berjalan beriringan. Kedua proses ini pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi sosial yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, pembangunan dan modernisasi pada umumnya mempengaruhi ketersediaan berbagai struktur dan infrastruktur yang mendukung berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Jadi apa itu modernisasi? konsep modernisasi adalah perubahan masyarakat yang bergerak dari negara tradisional atau pramodern ke negara modern, jelas Kemendikbud di laman Beranda Belajar.

Oleh karena itu, modernisasi adalah peralihan dari keadaan yang kurang berkembang atau kurang berkembang ke keadaan yang lebih baik dan lebih maju dalam berbagai bidang kehidupan.

Secara historis, modernisasi pada abad ke-17-19. Itu adalah proses perubahan menuju sistem sosial, ekonomi dan politik yang berkembang di Eropa Barat dan Amerika Utara pada abad ke-20 dan kemudian menyebar ke negara dan negara Eropa lainnya. Dari negara-negara Eropa hingga Amerika Selatan, negara-negara Asia dan Afrika menjangkau seluruh belahan dunia.

Menurut Wilbert E Moore, dikutip dalam modul sosiologi yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, modernisasi dapat melibatkan transformasi lengkap dari organisasi teknologi dan sosial dari koeksistensi tradisional atau pramodern menjadi model ekonomi dan politik yang khas. Hal ini stabil di negara-negara Barat, sedangkan karakteristik umum modernisasi, yang mencakup berbagai aspek sosio-demografis masyarakat, biasanya digambarkan dalam hal mobilitas sosial.

Perwujudan aspek-aspek ini dalam kehidupan modern diwujudkan dalam mekanisasi sektor industri, dalam media massa, dalam urbanisasi, dalam pertumbuhan pendapatan per kapita dan banyak lagi.

Modernisasi juga dapat mempengaruhi banyak bidang kehidupan masyarakat. Dampak modernisasi juga meluas ke bidang ekonomi, teknologi, dan komunikasi. Perlu dicatat, bagaimanapun, modernisasi dapat memiliki efek positif dan negatif.

Sebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi? Dampak modernisasi di ketiga bidang tersebut disajikan di bawah ini.

ebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi
gambar:mmc.tirto.id

1. Dampak modernisasi terhadap perekonomian

Dampak modernisasi terhadap perekonomian tercermin dari peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat. Modernisasi ruang ekonomi terlihat dari pemanfaatan teknologi pusat-pusat industri, baik di sektor makro maupun di sektor mikro.

Munculnya pusat-pusat industri ini telah membawa perubahan dalam proses produksi dan sistem ketenagakerjaan.

Contohnya adalah ketika industri barang membutuhkan tenaga kerja dan dengan demikian menciptakan lapangan kerja, sektor industri berjalan dengan baik dan menghasilkan pendapatan yang dihabiskan untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup.

Namun, modernisasi juga berdampak negatif pada sektor ekonomi. Hal ini terlihat dari munculnya perilaku konsumtif atau budaya konsumtif di masyarakat.

2. Dampak modernisasi terhadap teknologi

Perkembangan masyarakat modern akan ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baru. Ini meningkatkan kemampuan seseorang untuk menemukan rahasia dan perubahan di lingkungan alam.

Kecanggihan teknologi juga mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam secara lebih optimal dan melakukan berbagai aktivitas.

Modernisasi teknologi merupakan upaya manusia dalam berbagai cara untuk mengubah lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Juga, ketika modernisasi memacu industrialisasi, teknologi baru muncul yang meningkatkan skala dan efisiensi produksi komoditas. Hal ini ditandai dengan hadirnya mesin-mesin mutakhir di pusat-pusat industri.

Contoh penggunaan teknologi akibat dampak modernisasi juga dapat dilihat di sektor pertanian, ketika penggunaan bajak yang ditarik hewan digantikan oleh traktor.

Teknologi masih berkembang sangat cepat dan menjadi lebih global. Hal ini ditunjukkan dengan sejumlah inovasi dan penemuan, dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks.

Namun, dampak modernisasi terhadap teknologi juga bisa negatif. Contoh dampak negatif tersebut adalah menurunnya penggunaan sumber daya manusia. Kehadiran berbagai mesin untuk menggantikan manusia dapat mengurangi kesempatan kerja dan pada akhirnya menyebabkan peningkatan angka pengangguran.

3. Dampak modernisasi terhadap komunikasi

Modernisasi telah menyebabkan munculnya berbagai inovasi di bidang alat komunikasi dan informasi. Penggunaan teknologi informasi, kemudahan akses media elektronik dan meluasnya penggunaan internet merupakan bentuk modernisasi dalam bidang komunikasi.

Perkembangan modernisasi di bidang komunikasi juga semakin pesat. Munculnya teknologi internet, misalnya, langsung memicu inovasi berupa penemuan smartphone yang kini menjadi salah satu alat komunikasi terkemuka di dunia.

Sementara itu, teknologi smartphone langsung memicu pola komunikasi baru di masyarakat. Misalnya, media sosial dan bisnis pemasaran online semakin berkembang.

Namun dalam bidang komunikasi, dampak modernisasi juga dapat berdampak negatif. Ketika media sosial menjadi sarana komunikasi utama, muncul masalah seperti penyebaran hoax dan misinformasi.

Nah itu dia jawaban dari pertanyaan Sebutkan Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi dan Informasi? semoga bisa menjawab kebingungan anda ya,terimakasih.