Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK adalah.
gambar:asset.kompas.com

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK adalah,Simak Ulasan Lengkapnya

Halo guys ada pertanyaan nih pengertian teknologi informasi dan komunikasi tik adalah ? ada yang tahu? ok tidak usah lama-lama mari kita simak jawabannya di bwah ini.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah istilah kolektif luas yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan mengirimkan informasi. TIK terdiri dari dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan proses, penggunaannya sebagai alat, manipulasi dan pengelolaan informasi. Dalam Kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronik, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi apa pun, termasuk kata-kata, angka, dan gambar. Rusman dkk. (2012) menyatakan bahwa:

“Teknologi informasi adalah serangkaian tahapan pengelolaan informasi yang meliputi penciptaan sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, pemilihan dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan pengambilan informasi, serta penggunaan informasi”. informasi.”

Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan perangkat untuk memproses data dan mentransfernya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Teknologi informasi adalah alat teknologi yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, proses dan sistem yang membantu dalam proses komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, pengelolaan dan transmisi atau transmisi informasi antar fasilitas/media.

Menurut UNESCO, TIK adalah beragam teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi.

Menurut Bambang Warsita (2008: 135), teknologi informasi adalah alat dan infrastruktur (perangkat keras, perangkat lunak, perangkat lunak pengguna) dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, memproses, menafsirkan, menyimpan, mengatur, dan menggunakan data secara bermakna.

Konsep teknologi informasi dan teknologi komunikasi dapat dibagi masing-masing menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi:

Teknologi informasi digunakan untuk mengolah informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer.
Teknologi komunikasi digunakan untuk mentransfer informasi dari sumber ke penerima. Teknologi komunikasi seperti telepon dan televisi.

Teknologi informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses pengelolaan data dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi mencakup segala sesuatu dalam proses transmisi atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima. Dari konsepsi teknologi informasi dan teknologi komunikasi, kedua teknologi tersebut merupakan teknologi ekuivalen yang tidak dapat dipisahkan, yaitu kedua teknologi tersebut berkaitan erat. Teknologi informasi dan komunikasi adalah segala bentuk kegiatan yang melibatkan manipulasi, pemrosesan, dan transfer informasi dari pengirim ke penerima.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK adalah,Simak jawabanya selengkapnya.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK adalah
gambar:2.bp.blogspot.com

Istilah Teknologi Informasi mulai populer pada akhir tahun 1970-an. Dahulu istilah teknologi informasi dikenal dengan Computer Technology atau Electronic Data Processing atau EDP (Electronic Data Processing). Secara umum Lucas dalam Munir (2008) menjelaskan definisi teknologi informasi, yang dijelaskan sebagai berikut: “Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang digunakan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronik, mikrokomputer, mainframe, pemindai kode batang, perangkat lunak., transaksi prosesor, perangkat lunak spreadsheet, dan peralatan komunikasi dan jaringan adalah contoh teknologi informasi.

TIK adalah segala bentuk teknologi yang mendukung penyediaan informasi dan pelaksanaan komunikasi satu arah, dua arah atau bahkan banyak. Pandangan lain juga menyebutkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi agar dapat dicari dengan mudah dan akurat. Secara akademis, TIK merupakan sisi dari suatu sistem informasi yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komputer, dan peralatan terkait TIK lainnya.

Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi mencakup pengertian segala kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, manipulasi, perlakuan dan transfer informasi antar media. Teknologi informasi dan komunikasi adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta segala aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pemrosesan informasi dan transfer atau transmisi informasi antar media (Rusman et al. 2012: 89).

Media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum, adalah teknologi apa pun yang terlibat dalam pengambilan, pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Pada masa ini perkembangan teknologi informasi khususnya di Indonesia semakin meningkat. Teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan memperoleh informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja dan dari siapa saja. Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan sudah mulai dirasakan, karena dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia pendidikan

Media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan tidak lepas dari tuntutan pembelajaran abad 21. Dari perspektif pendidikan global, TIK adalah pilar guru (advokat) dari pelaksanaan pendidikan yang efektif. Memang dalam perkembangan TIK mendorong semua elemen pendidikan modern dan guru, siswa, orang tua dan sekolah harus beradaptasi dengan respon tersebut (Sutrisno, 2012). Menurut Alessi dan Trollip et al Sutrisno (2012), teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak terbatas hanya pada bagaimana komputer harus dikelola, tetapi juga bagaimana teknologi dapat digunakan untuk berkolaborasi, berkomunikasi, melakukan penelitian dan memecahkan berbagai masalah. .

Keunggulan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Menurut Sadiman dkk (2012), media secara umum memiliki keunggulan sebagai berikut:

Memperjelas tampilan pesan agar tidak terlalu verbal (hanya berupa kata-kata lisan)
Mengatasi batas ruang, waktu dan indera.
Dengan menggunakan sarana yang tepat dan beragam, sifat pasif siswa dapat diatasi. Dalam hal ini media bermanfaat untuk merangsang semangat belajar, memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan, serta memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
Sifat unik siswa, lingkungan dan pengalaman yang berbeda digabungkan, sementara kurikulum dan bahan ajar sama untuk semua siswa, guru menghadapi banyak kesulitan ketika harus melalui semuanya sendiri. Masalah ini dapat diselesaikan dengan media, yaitu dengan kemampuan untuk: memberikan stimulus yang sama, menyamakan pengalaman dan membangkitkan persepsi yang sama.

Lebih lanjut Faizi (2013) mengemukakan bahwa media pembelajaran memiliki fungsi dan peran khusus, antara lain:

Menangkap objek dan peristiwa. Peristiwa penting atau benda langka dapat direkam dengan foto, film, video atau audio, kemudian peristiwa tersebut disimpan dan digunakan sesuai kebutuhan.
Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek. Melalui media pembelajaran, guru dapat secara konkrit menyajikan materi yang abstrak, memudahkan pembelajaran dan menghilangkan verbalisme.
Meningkatkan motivasi untuk belajar. Penggunaan media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.

Nah itulah guys jawaban atas pertanyaan “Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK adalah” semoga dapa di pahami ya ,terimakasih.Jika ada kritik dan saran harap kirimkan ya,via kolom komentar.Karena kritik dan saran kalian sangat membantu kami dalam membuat konten yang bermanfaat.

Di sini kita bisa belajar bersama dalam segi ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, wasalam.